Leo Siahaan Dikabarkan Meninggal Karena Sakit

Tanjungpinang
Leo Siahaan semasa hidupnya (Foto: Hms DPRD TPI)
Leo Siahaan semasa hidupnya (Foto: Hms DPRD TPI)

Mangasa Leo Tasman Siahaan, akrab dipanggil Leo Siahaan, dikabarkan meninggal dunia karena sakit, pada Jumat (1/9) siang, di RS GPI Cikini Jakarta. Leo Siahaan adalah Anggota DPRD Tanjungpinang dari fraksi PDIP.

Kabar meninggalnya Leo, pertama kali diketahui dari media sosial, milik orang-orang terdekatnya. Diantaranya, Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah yang juga menjabat Sekretaris PDIP Kepri, Ketua DPRD Tanjungpinang Suparno yang berasal dari  fraksi PDIP, serta sejumlah anggota Dewan lainnya.

Memang, almarhum Leo Siahaan dengan Walikota Lis Darmansyah dikenal cukup dekat, bukan saja karena sesama kader partai PDIP.

Namun lebih dari itu, Leo dengan Lis adalah sahabat dekat, yang sudah saling mengenal dan berteman lama. Jadi, antara Leo dan Lis, sudah menjadi sahabat, jauh sebelum mereka masuk partai PDIP.

Makanya, kabar kematian Leo Siahaan tidak hanya meninggalkan duka mendalam bagi keluarga saja, namun kabar kepergiannya juga meninggalkan duka mendalam bagi Walikota Tanjungpinang itu.

Sebagaimana ungkapan belasungkawa yang mendalam di akun facebook (FB) pribadi Lis Darmansyah, yang dilansir www.lintaskepri.com.

“Rest in peace…Sahabatku temanku abangku M Leo T Siahaan. Cukuplah sudah usaha, upaya, berjuang dan perjuanganmu melawan rasa sakit yang kau alami, kini sampai pada akhirnya kita tidak bisa melawan keinginan dan kehendak Tuhan yang Maha Kuasa, Beristirahatlah dengan tenang sahabatku, banyak kenangan yang kita lalui bersama sejak awal merintis perjuangan kita,” demikian ungkapan belasungkawa Walikota Lis di akun FB-nya, Jumat (1/9).

“Kami doakan dan semoga keluarga yang ditinggalkan tabah dalam menghadapi cobaan yang kelak nanti kita alami semua Selamat jalan sahabat…Kami selalu mengenangmu,” tulisnya untuk kata terakhir bagi sahatnya itu.

Menurut informasi, Leo meninggal karena sakit, dan sempat dirawat di rumah sakit GPI Cikini Jakarta. Jenazah Leo akan diterbangkan dari Jakata ke Tanjungpinang, hari ini juga. Jenazah akan disemayamkan di rumah duka, Jalan Diponogoro, Tanjungpinang.

Inilah Profil Singkat Almarhum Leo Siahaan

Leo Siahaan menghembuskan nafas terakhir di RS GPI Cikini, Jakarta, pada Jumat (1/9) siang. Anggota DPRD Tanjungpinang ini dikabarkan meninggal karena sakit, diusia 53 tahun. Dikutip dari web DPRD Tanjungpinang, nama lengkapnya: Mangasa Leo Tasman Siahaan, yang akrab dipanggil Leo Siahaan.

Pria berdarah Batak ini lahir pada 03 Agustus 1964 di Tanjungpinang, yang beragama Kristen Protestan. Sebelum terjun ke dunia politik, ia seorang pelaut dan lulusna Akademi Ilmu Pelayaran, pada tahun 1998.

Leo berhenti sebagai pelaut dan membangun karir politik bersama partai PDIP. Ia termasuk politisi yang bernasib baik. Belum terbilang lama bergabung dengan PDIP, ia sudah menjadi  Anggota Dewan.

Pertama kali sebagai Anggota DPRD Tanjungpinang, pada tahun 2002-2004, dan terpilih kembali menjadi Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, untuk masa jabatan 2004-2009. Pada Pemilu  2009, ia bermaksud meniti karir lebih tinggi dengan menjadi calon DPRD provinsi Kepri, namun nasib tidak berpihak.

Leo kalah bersaing dengan Lis Darmansyah, yang kini menjadi Walikota Tannjungpinang. Sejak itu karir politiknya redup, namun bangkit kembali setelah menunggu empat tahun. Pada tahun 2013, Lis Darmansyah terpilh menjadi Walikota Tanjungpinang. PDIP Kepri mengusulkan namannya menggantikan posisi Lis di DPRD Kepri. Leo menjadi Anggota DPRD Kepri, dari tahun 2013-2014,

Di Pemilu 2014, ia kemudian terpilih sebagai Anggota DPRD Tanjungpinnag, untuk periode 2014-2019, dari Dapil Kecamatan Bestari, Tanjungpinang. Namun,  ia hanya menjabat selama tiga tahun, karena dipanggil Yang Kuasa untuk selama-lamanya. Pada Jumat (1/9), Leo Siahaan tutup usia disebabkan sakit dideritannya.(ed-red)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here