Pemkab Bintan Luncurkan Program Sekolah Gratis untuk Siswa SD dan SMP

620
Tanjungpinang


SULUH KEPRI, Bintan-Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan memastikan sekitar 6.650 siswa untuk Tahun Ajaran Baru 2017/2018, akan menerima “Seragam Sekolah Gratis”.

Hal itu disampaikan Bupati Binta Apri Sujadi, diruang kerjanya, pada Jum’at pagi (6/10), di kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Kabupaten Bintan.

Ia mengatakan, program “Masuk Sekolah Gratis” ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat ditengah seretnya ekonimi saat ini.

Apri berharap agar bantuan seragam sekolah gratis ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Bintan. Menurutnya, ada dua sektor penting yang menjadi fokus dari Pemerintah Kabupaten Bintan, dalam usaha membantu dan meringankan beban masyarakat,  sekaligus untuk kemajuan daerah. Yakni, sektor pendidikan dan sektor kesehatan. 

“Kita telah fikirkan bahwa syarat mutlak dan kunci utama bagi kemajuan bangsa dan daerah adalah sektor pendidikan dan kesehatan. Maka tidak ada cara lain, kita fokus untuk program pendidikan dan kesehatan demi meringankan beban masyarakat sekaligus memajukan daerah ” ujarnya.

Menurutnya, program masuk sekolah gratis ini merupakan salah satu program terobosan yang lahir dari inisiatifnya sendiri. Bahkan sejak dirinya dilantik telah merencanakan program sekolah gratis untuk masyarakat Bintan.

Program itu muncul dari fenomena masyarakat saat memasukkan anak ke bangku sekolah yang kerab menemui kendala akbat mahalnya biaya seragam dan peralatan sekolah. 

“Kita bayangkan ketika anak akan masuk sekolah, besarnya biaya baju sekolah, peralatan sekolah seperti sepatu dan tas Sekolah. Dengan program sekolah gratais ni mudah-mudahan bisa meringankan beban orang tua murid. Kedepan kita rancang lagi program pendidikan guna membantu masyarakat ” ujarnya. 

Sementara menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan Tamsir, seragam sekolah untuk 6.650 siswa-siswi ini akan dibagikan pada pekan ketiga bulan Oktober, atau sekitar tanggal 20-an. 

Seragam sekolah yang dimaksud, berupa, dari baju kurung, batik, pramuka, olahraga, topi, dasi, tas sekolah hingga sepatu sekolah lengkap dengan kaos kakinya. 

Seragam gratis akan dibagikan kepada murid Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Bintan. Sedangkan untuk siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA), sudah merupakan wewenang Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. 

“Guna kesuksesan program masuk sekolah gratis ini, Pemkab Bintan telah mengucurkan anggaran sebesar Rp 5 Miliar yang bersumber dari APBD 2017,” tutupnya. (Hms Bintan/Tigor)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here