Kemenkeu Gelar Seminar Government Finance Statistik

Tanjungpinang

SULUH KEPRI, Tanjungpinang-Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Dirjen Perbendaharaan, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepri, menyelenggarakan seminar Government Finance Statistik (GFS) di Hotel CK, Kamis (19/10).

Seminar ini bertemakan “Peran Laporan Statistik Keuangan Pemerintah/Government Finance Statistik (GFS) Dalam Mendukung Perumusan Kebijakan Daerah” yang dibuka Sekdaprov Kepri, Arif Fadillah. Acara ini juga melibatkan kalangan kampus.

Naara sumber adalah kepala Sub Auditorat BPK Perwakilan Kepri Ratna Agustini Kusumajingtias, Kasubdit Statistik dan Analisis laporan Keuangan Mei Ling, dan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kepri Heru Pudyo Nugroho.

Ratna Agustini mengatakan, untuk menjaga komitmen pengelolaan dan pertanggungjawaban, harus memiliki rencana langkah-langkah perbaikan yang jelas dan kongkrit serta menindaklanjuti rekomendasi hasil pemeriksaan BPK.

Di sesi diskusi Mei Ling menguraikan proses penyusunan GFS, dari konsolidasi laporan keuangan kementerian/lembaga dan laporan keuangan bendahara umum negara menjadi laporan keuangan pemerintah pusat.

Menurutnya, laporan keuangan pemerintah ini dikonsolidasikan ke mapping laporan keuangan pemerintah hingga menjadi GFS.

Sedangkan Heru Pudyo Nugroho menyoroti nota kesepahaman antara Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kepri dengan Pemda Kepri yang berisi pertukaran data antara Kanwil Ditjen perbendaharaan dengan pemerintah daerah.

Diakhir acara, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan menyerahkan Laporan GFS tahun 2016 (audited) dan laporan dana DAK Fisik dan Dana Desa kepada perwakilan Pemerintah Daerah, BPS Kepri dan Bank Indonesia perwakilan Kepri. (Red).

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here