Peresmian Kantor Baru RBB Dihadiri Tokoh Batak Tanjungpinang

Tanjungpinang
Ketua RBB Tanjungpinang Sanggam Simamora (kiri) dan Ketua Harian RBB S. Mangunsong

Tanjungpinang-Sejumlah tokoh dan sesepuh Batak di Tanjungpinang hadir dalam peresmian kantor baru Rumpun Batak Bersatu (RBB), Sabtu (21/10), di Jln Kijang, No. 7, Kel Melayu Kota Piring, Kec Tanjungpinang Timur, Tanjungpinang.

Hadir ketua RBB Kota Tanjungpinang Sanggam Simamora didampingi istri E. Hutahaean, mantan ketua RBB Boorman Sirait, dan beberapa penasehat RBB-seperti Kompol H. Butar-Butar, P. Simamora, P. Hasibuan, PW. Sinaga.

Tampak juga para ketua kelima sub etnis/puak Batak, antara lain B. Tobing (puak Toba), Jansen Siregar (Angkola/Mandailing), Syahrial (Karo), Purba (Simalungun), Togar Berutu (Pak Pak). Serta jajaran pengurus lainnya.

Mantan Ketua RBB Boorman Sirait (kanan), yang kini sebagai penasehat RBB, serta Penasehat RBB R. Pasaribu
Mantan Ketua RBB Boorman Sirait (kanan), yang kini sebagai penasehat RBB, serta Penasehat RBB R. Pasaribu

Acara dimuai pukul 9.30 Wib, namun sebelum dibuka dengan doa, diawali lagu OTANO BATAK, yang dinyanyikan bersama.

Kantor baru RBB Kota Tanjungpinang beralamat di Jl. Kijang Lama, Ruko No. 7, Kelurahan Melayu Kota, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri. Posisi kantor ini sekitar 50 meter dari bekas pabrik meubel SCM.

Para penasehat RBB

Kantor RBB berbentuk Ruko berlantai dua. Dilantai pertama tampak poster besar ketika Pengukuhan dan Pelantikan Ketua RBB Sangga Simamora beserta Pengurus RBB Kota Tanjungpinang, periode 2016-2021, pada Maret 2017, yang dilantik Gubernur Kepri Nurdin Basirun.

Menurut ketua RBB, kantor RBB dilantai satu, rencananya untuk ruangan yang berkaitan dengan berbagai kegiatan RBB, terutama seni dan budaya, yang saat ini sedang dibina dan diperkenalkan dalam berbagai event penting.

“Sedangkan dilantai dua, akan dijadikan sebagai tempat rapat-rapat pengurus RBB,” ungkap Sanggam Simamora, Sabtu (21/10), sebelum acara dibuka.

Sanggam menegaskan, kantor RBB ini adalah swadaya warga RBB sendiri. Di kantor ini juga difasilitasi jaringan internet wifi, untuk kemudahan akses informasi bagi para pengurus dan warga Batak, khususnya dalam mengakses perkembangan seni dan budaya Batak dan suku-suku bangsa lainnya. (TR)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here