Komisi III Tinggal Pleno untuk Tetapkan Tujuh Komisioner KPI Kepri

Tanjungpinang
Komisi III saat uji kepatutan dan kelayakan para calon Komisioner KPID Kepri, pada Selasa (24/10).
Komisi III saat uji kepatutan dan kelayakan para calon Komisioner KPID Kepri, pada Selasa (24/10).

Tanjungpinang-Komisi III DPRD Kepri telah menyelesaikan rangkaian uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) para calon komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPID) Provinsj Kepri, pada Selasa (24/10).

Yang ditanyakan para panelis anggota komisi III kepada 18 calon KPI, adalah soal visi-misi, harapan hingga motivasi menjadi komisioner penyiaran di Provinsi Kepri.

Sedangkan isu yang disoroti tentang digitalisasi media dan proliferasi televisi. Para calon juga diuji mengenai konten lokal dalam industri penyiaran di Provinsi Kepri.

Adapun para pengujinya adalah Surya Makmur Nasution, Raja Bakhtiar, Asep Nurdin, Joko Nugroho, Raja Astagena, Sahmadin Sinaga, Irwansyah, Suryani dan Alex Guspeneldi

Menurut Ketua Komisi III, Widiastadi Nugroho, bahwa dengan selesainya uji kepatutan ini, komisi akan segera menggelar pleno untuk memutuskan 7 dari 18 nama tersebut.

“Kami akan segera menggelar pleno, paling lambat hari Kamis mendatang, kami akan serahkan ke pimpinan untuk di-SK-kan,” kata Widiastadi, Selasa 24/10), usai merampungkan test, yang dikutip dari rilis Humas DPRD Kepri.

Pria yang biasa disapa Lik ini menjelaskan bahwa panitia seleksi (pansel) dalam melakukan penilaian memperhatikan lima hal pokok. Yakni penguasaan materi makalah, penyampaian dan komunikasi calon komisioner.

“Yang tak kalah pentingnya kami juga menguji penguasaan peraturan perundangan dan peraturan KPI. Ini penting, karena nantinya mereka akan menjadi pengawas,” sebutnya.

Selain itu, Pansel juga menilai pemahaman komisioner terhadap kelembagaan Komisi Penyiaran Indonesia dan penyiaran dalam pembangunan dan pemerintahan.

Ia menilai, semua calon rata-rata memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun komisi akan menetapkan yang terbaik sebagai komisioner KPI Kepri.

Editor Tigor

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here