Raih Adipura Ketiga, Wabup Bintan Minta Semua Pihak Peduli Kebersihan Lingkungan

410
Tanjungpinang
Wagub Bintan Dalmasri Syam (tengah) didampingi Sekda Bintan Adi Prihantara (kanan)
Wabub Bintan Dalmasri Syam (tengah) didampingi Sekda Bintan Adi Prihantara (kanan)

Bintan-Prestasi yang luar biasa dipersembahkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan bagi masyarakatnya. Daerah yang dipimpin Apri Sujadi dan Dalmasri Syam ini kembali meraih piala kebersihan tahun 2017, bernama: ADIPURA, yang diterima awal Agustus lalu.

Patut diacungkan jempol karena ini Adipura ketiga buat Bintan yang disabet dalam tiga tahun berturut-turut. Keberhasilan ini pun mendapat perhatian khsusus dari Bupati Apri dan Wakil Bupati Dalmasri.

Sebagai tindaklanjut untuk mempertahankan Adipura di tahun mendatang, Pemkab Bintan melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Program Adipura 2017-2018 di Ruang Rapat III Kantor Bupati Bintan, Kamis (26/10).

Rakor dipimpin Wakil Bupati (Wabup) Bintan Dalmasri Syam, yang didampingi Sekda Bintan Adi Prihantara. Intinya membahas kesiapan Kabupaten Bintan khususnya Kecamatan Bintan Timur agar berbenah menuju Adipura tahun depan untuk kategori Kota Kecil.

Wabup Dalmasri menegaskan pentingnya kerjasama dan komitmen semua pihak, baik pemerintah, swasta terutama masyarakat untuk peduli kebersihan lingkungan yang sekaligus mempertahankan gelar Adipura.

Ia mengatakan perlu sosialisasi kepada masyarakat berkenaan dengan kegiatan Adipura. “Jangan ada lagi pembakaran sampah di area taman kota. KCW yang harus dirawat dan ditingkatkan, yang belum segera dibuat. Hindari penebangan pohon di lahan Antam, dan cukup pemangkasan saja. Untuk itu, butuh kerjasama dan komitmen kita bersama untuk Bintan” kata Dalmasri, Kamis (26/10), dalam arahannya.

Sekda Bintan Adi Prihantara menambahkan, perlu digalakkan gerakan penghijauan melalui daur ulang yang selama ini dianggap masih minim. Peran Satgas kebersihan harus dioptimalkan dengan sistem kelola yang baik. “Ini semua untuk Bintan. Kita harapkan ada peningkatan nilai dari tahun sebelumnya” ujarnya.

Diakhir Rakor, Dalmasri menegaskan agar dilakukan rapat lanjutan pada pekan depan, di Kecamatan Bintan Timur dengan melibatkan seluruh RT/RW dan instansi terkait.

Ini semua untuk kesiapan menghadapi Tim penilai Adipura. “Karena dijadwalkan Tim Penilai Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup, akan turun ke Kabupaten Bintan,” ungkap Dalmasri. (Tigor)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here