Enam Pemred Media Audiensi dengan Ketua DPRD Kepri

Tanjungpinang
Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak (kiri) dan Pemred Majalah Kepri Pos Muslim Matondang.
Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak (kiri) dan Pemred Majalah Kepri Pos Muslim Matondang.

Tanjungpinang-Enam Pemimpin Redaksi (Pemred) melakukan audiensi dengan Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, Senin (30/10), di kantor DPRD Kepri, Dompak, Tanjungpinang.

Ditengah kesibukannya, Jumaga Nadeak menyempatkan waktu menerima kehadiran para Pemred media itu, diruang rapat ketua DPRD Kepri, pada pukul 12.35 Wib.

Adapun pimpinan redaksi yang ikut audensi adalah Muslim Matondang (Majalah Kepri Pos), Tigor Rajagukguk (media online Suluh Kepri), Kuncus Simatupang (media online Sidak News), Anton Silitonga (media online Kepri Cyber), Iskandarsyah (media online Lintas Kepri), dan Gindo Pakpahan (media online Komunitas).

Kehadiran para Pemred media ini untuk menyampaikan rencana pembentukan “Forum Komunikasi Antar Pemimpin Redaksi” di wilayah provinsi Kepri dan daerah-daaerah kabupaten/kota.

Jumaga Nadeak menyambut baik keinginan para pimpinan media untuk membentuk Forum dilevel pemimpin redaksi. Ia berharap Forum ini dapat meningkatkan kualitas wartawan agar berita yang dipublikasikan lebih berkualitas sesuai kaidah jurnalistik.

“Kami dari DPRD Kepri mendukung sepenuhnya kehadiaran Forum Komunikasi Antar Pemimpin Redaksi Media di provinsi Kepri,” kata Jumaga Nadeak, Senin (30/10), saat menerima perwakilan pemimpin redaksi media yang berbasis di Tanjungpinang, Ibukota provinsi Kepri itu.

“Silakan dibentuk dan segera disampaikan (registrasi) ke Kesbangpol. Saya selaku pimpinan DPRD Kepri mendukung sepenuhnya kehadiran Forum ini,” desak Jumaga.

Muslim Matondang mengapresiasi respon positif dari ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak atas pembentuk Forum Komunikasi Antar Pemimpin Redaksi di Kepri.

Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak (tengah berjas merah) dan enam Pemred Media.
Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak (tengah berjas merah) dan enam Pemred Media.

Kepada Jumaga, Pemred Majalah Kepri Pos itu memaparkan tujuan pembentukan Forum tersebut. Pertama, kata Muslim, untuk meningkatkan kualitas wartawan dalam melalaksanakan tugas jurnalistiknya.

Yang kedua, lanjut Muslim, terkait kesejahteraan wartawan (insan pers) yang saat ini masih terus diperjuangkan hingga memenuhi standart.

“Dua hal ini (profesionalisme dan kesejahteraan insan pers) menjadi perhatian Forum ini nanti. Karena soal kualiatas dan kesejahteraan wartawan berada dipundak seorang pemimpin redaksi media bersangkutan,” papar Muslim.

Untuk itu, perlu dukungan Legislatif dan Pemda Kepri, agar Forum ini bisa bekerja dengan baik untuk memperjuangkan kualitas dan kesejahteraan wartawan.

“Kehadiran Forum ini sekaligus untuk membantu tugas-tugas lembaga Legislatif dan Pemda Kepri untuk membangun dan mempromosikan daerah,” katanya.

Menurut Muslim, beberapa daerah telah berhasil membentuk Forum Antar Pemred, dan sukses meningkatkan kualitas dan kesejahteraan wartawannya. “Salah satunya, Riau, sebagai provinsi tetangga Kepri. Sangat baik kita contoh sebuah program yang baik untuk kemajuan jurnalis di provinsi Kepri dalam mendukung pembangunan di wilayah provinsi Kepri,” ujarnya. (Tigor)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here