Bupati Apri Prioritaskan Pelayanan Kaum Lansia dan Komitmen Dukung UMKM

319
Tanjungpinang
Bupati Bintan Apri Sujadi saat menyerahkan bantuan
Bupati Bintan Apri Sujadi saat menyerahkan bantuan

Bintan-Bupati Bintan Apri Sujadi menekankan kepada seluruh jajajranya untuk memprioritaskan para lanjut usia (Lansia) dalam setiap pelayanan masyarakat.

“Kaum Lansia harus diprioritaskan dalam pelayanan, terutama pelayanan kesehatan,” tegas Apri, Kamis (14/12), saat peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Ke-89.

Acara itu dihelat di GOR Simpang Lagoi, desa Berakit, kec Teluk Sebong, Bintan. Bupati Apri bersama istri Ibu Hj Deby Apri Sujadi selaku Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LK2S) Bintan.

Apri dan istri tampak sumringah dan sangat menikmati suasana bahagia itu saat berbagi kasih bersama ratusan kaum Lansia. Para Lansia juga diberkan bantuan Sembako sebanyak 600 paket, serta Alat Bantu Disabilitas Alat Dengar dan Tongkat.

Agenda berbagi Kasih ini merupakan lanjutan kegiatan tahun lalu, yang dipusatkan di Kecamatan Sri Kuala Lobam dan Kecamatan Bintan Utara.

Ketua LK2S Bintan Ibu Hj Deby Apri, saat menyerahkan bantuan
Ketua LK2S Bintan Ibu Hj Deby Apri, saat menyerahkan bantuan

Bupati berharap agar peringatan HKSN ini dapat merevitalalisasi spirit atau semangat kesetiakawanan sosial melalui kepedulian terhadap sesama dengan merajut tali kasih khususnya kepada kaum Lansia.

“Indahnya kebersamaan ini, meski hanya satu hari bersama Lansia. Kegiatan ini dapat membangkitkan memori dan semangat untuk berbaur bersama dalam suka cita,” ungkapnya.

Dukung Pengembangan UMKM

Dalam kesempatan itu, Bupati Apri juga menyampaikan komitmennya untuk mendorong pengembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Bintan.

Pemkab Bintan, katanya, akan memfasilitasi para pengusaha UMKM dalam mempermudah pengajuan permodalan bagI pengembangan UMKM. Namun, terlebih dulu dilakukan pendataan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi, dan UKM Bintan.

Maka dengab data ini, sambung Apri, para pengusaha UMKM dapat mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan fasilitas kredit pinjaman persentase 1 digit.

“Fasilitas pinjaman maksimal Rp 10 juta, dengan tingkat Suku Bunga yang sangat ringan, hanya 1 digit. Ini sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo. Maka, saat ini kita data dulu UMKM Bintan,” paparnya.

Selanjutnya Bupati Bintan Apri Sujadi bersama istri menyerahkan bantuan untuk kelompok KUBE berprestasi dalam Program Penanganan Fakir Miskin dan Pemberdayaan Sosial, dengan dua kategori.

A. Kategori Wilayah Perkotaan:
1. Juara 1 KUBE Berkah Kel Tg Uban Kota mendapat bantuan Rp 3.500.000,-
2. Juara 2 KUBE Jaya Bahagia Kel Toapaya Asri Rp 2.500.000,-
3. Juara 3 KUBE Rempah Wangi Kel Kijang Kota Rp 1.500.000,- ,

B. Kategori Wilayah Pedesaan:
1. Juara 1 KUBE Kenanga Desa Teluk Sasah menrima bantuan Rp 3.500.000,-
2. Juara 2 KUBE Melati Desa Tembeling mendapatkan Rp 2.500.000,-
3. Juara 3 KUBE Sekar Wangi Desa Mapur Rp 1.500.000,-

editor: Tigor
Sumber MCH Bintan

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here