Warga Mengeluh, Jaringan Internet di Natuna Ngadat

Tanjungpinang
Radio IPLH Telkom di Subi sedang perbaikan
Tower Telkomsel di Midai, Natuna

Natuna-Warga Natuna mengeluhkan adanya gangguan komunikasi Telkomsel khususnya jaringan internet yang terjadi sejak 4 hari ini. Kondisi ini menyebabkan kesulitan mengirim data lewat internet,

Hal itu sangat dirasakan oleh Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Natuna Raja Darmika. Ia mengaku kesulitan bekerja khususnya dalam pengeriman data.

“Gangguan sudah terjadi sejak Selasa (9/1) lalu. Namun hingga hari ini belum stabil,” ungkap Raja Darmika pada Suluh Kepri, Jumat (12/1) sore ini.

Akibatnya, kata Darmika, pengguna internat kesulitan mengirim data karena jaringan internet dialihkan kembali ke Satelit dan Mode E. “Saat mengirim data jadi lemot (lambat),” sebutnya.

Informasi yang diterima Raja Darmika dari pihak Telkomsel Batam, bahwa gangguan disebabkan Radio IPLH Telkom yg digunakan Telkomsel, sedang bermasalah.

Tower Telkomsel di Midai, Natuna

Radio IPLH Telkom, jelas Darmika, adalah jaringan internet yang menghubungkan Sambas ke Natuna. Sedangkan posisi radio link-nya berada di Subi. “Diduga posisi radio IPLH tidak los, atau mengalami pergeseran,” katanya.

Dari konfirmasinya ke pihak Telkomsel Batam, Tim Radio Link Telkomsel tidak bisa turun melakukan perbaikan karena terkendala cuaca. “Tim radio linknya tidak bisa turun ke Subi, karena cuaca buruk,” katanya.

Menurutnya, daerah yang mengalami gangguan internet adalah Pulau Bunguran Besar dan Ranai. “Warga pasti ngeluh internetnya lambat, karena saat ini jaringan 3G dan 2G pakai Satelit,” ujarnya. (TR/Vivi))

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here