Temui Sofyan, Apri Minta Peninjauan Regulasi Investasi di Bintan

Tanjungpinang
Menteri Sofyan Djalil dan Bupati Apri Sujadi
Menteri Sofyan Djalil dan Bupati Apri Sujadi

Bintan-Bupati Bintan Apri Sujadi meminta perhatian dan dukungan pemerintah pusat untuk pembangunan daerah kabupaten Bintan dalam konsep pengembangan kawasan pulau Bintan.

Ia berharap agar regulasi berkaitan investasi di Bintan dapat ditinjau ulang, karena beberapa regulasi yang justru menghambat pertumbuhan investasi di kabupaten Bintan.

Hal itu disampaiakan Bupati Apri kepada Menteri Agraria Sofyan Djalil dalam rapat pengembangan pulau Bintan di Ruang Rapat Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia, Jakarta, Kamis siang (11/1). Rapat dipimpin Menteri langsung Menteri Sofyan.

ia menginginkan konsep pembangunan Bintan seperti Bali. “Makanya, saya minta regulasi yang menghambat investasi ditinjau ulang. Misalnya soal perijinan dalam Kawasan Hutan Manggrove.,” kata Bupati Apri.

Ia mengatakan sejauh ini pembangunan di kabupaten Bintan berjalan dengan baik sesuai konsep dari Konsultan Internasional Fondacio Metropoli Madrid Alvonso Vegara, Ph.d.

Usai rapat di Kementerian Agraria
Usai rapat di Kementerian Agraria

“Sehingga pembangunan beberapa kawasan strategis seperti pembangunan Bandara di Busung dan Jembatan di Pengujan, akan kita realisasikan tahun ini,” ungkap Apri.

Selain itu, Bupati Apri juga meminta perhatian pemerintah pusat terhadap Pembangunan DAM dan Waduk di kabupaten Bintan.

Konsep Pembangunan Pulau Bintan
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional mengundang Pemprov Kepri, Pemkab Binta dan Pemko Tanjungpinang guna membahas pengembangan pulau Bintan kedepan.

Kementerian melibatkan Konsultan Internasional berpengalaman Alfonso Vegara, Ph.d dari Fondacio Metropoli Madrid. Alfonso menyebut pulau Bintan merupakan “The Blue Diamond ” karena lokasiny strategis yang berdekatan dengan Singapura dan Malaysia.

“Kedepannya Bintan akan menjadi “The Blue Diamond” di Indonesia. Negara Singapura dan Malaysia sangat membutuhkan pulau Bintan. Karena Bintan memiliki Sumber Daya Alam yang melimpah,” kata Alfonso yang juga mengaku kagum.

Menteri Sofyan mendukung penuh penataan kawasan pulau Bintan. Ia berjanji akan membawa konsep pembangunan pulau Bintan ke meja Presiden, dan meminta Pemda Kepri mengintegrasikan Tata Ruang Daerah.

“Dari paparan konsep pembangunan pulau Bintan, kedepan Bintan akan menjadi daerah dengan kemajuan yang luar biasa,” katanya.

Dalam rapat itu, hadir Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah, pimpinan DPRD Bintan, jajaran Kementerian Agraria, Pemeprov Kepri Pemkab Bintan dan Pemkot Tanjungpinang. (TR/MCH)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here