Selamat! Akuntabilitas Kinerja Pemkab Bintan Kembali Dapat Rapor Baik

Tanjungpinang

Bintan-Kinerja yang baik sudah pasti mendapatkan hasil yang baik pula. Demikian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan yang mendapat ganjaran setimpal, karena mampu menunjukkan kinerja yang baik.

Penilaian itu dilakukan oleh KemenPAN-RB. Pemerintahan yang dinahkodai Bupati Apri Sujadi itu, memperoleh rapor baik, atau Predikat B (baik) berdasarkan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) Tahun 2018.

Penghargaan LAKIP ini diserahkan langsung oleh MenPAN-RB Asman Abnur kepada Sekda Kabupaten Bintan Adi Prihantara, pada Kamis (25/1), di Hotel Rodisin, Kota Batam, Provinsi Kepri.

Menurut Deputi Bidang Reformasi Brokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan pada KemenPAN-RB, M. Yusuf Ateh, ada dua faktor yang menjadi penilaian dan evaluasin dalam LAKIP 2018.

Pertama, efisiensi belanja publik-dimana daerah harus mampu meningkatan kualitas pelayanan publik ditengah keterbatasan sumber daya. Kedua, efisensi birokrasi melalui penerapan manajemen kinerja.

“Jadi, instansi pemerintahan harus mampu menetapkan tujuan/prioritas yang jelas, mengukur pencapaian, menetapkan target yang mengaitkan tujuan dengan program dan kegiatan,” demikian laporan M. Yusuf Ateh, saat acara penyerahan penghargaan LAKIP Tahun 2018, Kamis (25/1), di Batam, Kepri.

“Jika ke-empat manajemen kinerja tersebut bisa diterapkan, maka akan menghasilkan Good Governance (pemerintahan yang berorientasi kepada hasil yang dicapai),” katanya.

MenPAN-RB Asman Abnur, mengatakan pemerintahan “jaman now” harus mampu mengalokasikan anggaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Ini sesuai arahan Presiden RI, Bapak Joko Widodo, agar kita melakukan efisiensi birokrasi dan berhemat anggaran. Jadi, stop pemborosan, namun saatnya kita menerapkan money follow program dan e-goverment yang fokus program danĀ  kinerja, bukan SPJ,” katanya mengingatkan.

Dengan penerapan midel money follow program ini, kata MenPAN-RB, akan memberi output sesuai target kerja, juga sangat efisien karen anggaran hanya digunakan untuk membiayai program prioritas bagi pencapaian pembangunan yang bermanfaat kepada masyarakat.

Atas penghargaan ini, Sekda bintan Adi Prihantara mengucapkan terima kasih kepada seluruh OPD yang telah bekerja dengan baik dengan mengedepankan efisiensi kinerja sehingga mampu mempertahankan LAKIP Predikat B di tahun 2018 ini.

Ia berharap agar Pemkab Bintan bisa meningkatkan prestasinya di tahun mendatang, sebagaimana yang disampaikan MenPan RB.

“Dan, kita akan berupaya keras untuk menerapkan apa yang telah menjadi arahan Bapak Pesiden RI,” tutupnya. (TR/MCB)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here