Tiga Instansi di Bintan Jadi “Pilot Project” Pelayanan Publik

Tanjungpinang

Bintan-Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur kesengsem melihat kinerja tiga instansi di Kabupaten Bintan.

Asman Abnur akhirnya mengganjar piagam penghargaan kepada tiga instansi tersebut, yakni RSUD, DPMPST dan Disduk Capil, atas prestasinya dalam pelayanan publik di Kabupaten Bintan. Ketiga instansi ini menjadi “Pilot Project” Pelayanan Publik di Kabupaten Bintan

Penghargaan diterima setelah Evaluasi Kinerja oleh Kemen PAN-RB. Instansi penerima penghargaan tersebar di 34 propinsi dan 72 kabupaten/kota se- Indonesia. Piagam pengghargaan diserahkan langsung oleh Menpan RB, di Gedung Serbaguna, Kantor KemenPAN-RB, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (24/1).

Sekda Adi Prihantara turut menyaksikan saat tiga pimpinan instansi itu, yaitu Kepala RSUD Bintan Dr. Beni, Kadis DPMPST Bintan Hasparizal Handra dan Kadis Capil Bintan Yuda Inangsa, menerima piagam penghargaan dari MenPAN-RB Asman Abnur.

Dalam sambutannya, Asman Abnur menegaskan, pemberian penghargaan merupakan hasil pemantauan dan evaluasi kinerja instansi dalam pelayanan publik, yang dilakukan kepada setiap daerah.

Pemantauan dan evaluasi ini sesuai amanat Undang-Undang No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik. Yang tertuang dalam pasal 7 ayat (3) huruf c dan ayat (4) huruf c.

“Penghargaan ini berdasarkan pemantauan dan evaluasi kinerja aparatur negara, guna mengukur sejauh mana kinerja pelayanan publik bagi setiap instansi di daerah,” ungkap Asman.

Ia mengatakan, Kemen PAN-RB mendapat tugas untuk memantau dan mengvaluasi kinerja penyelenggara pelayanan publik. Bagi instansi berprestasi wajib mendapat penghargaan yang diberikan secara berkala oleh Kemen PAN-RB.

“Jadi piagam penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dari pembina pelayanan publik nasional atas kinerja dan capaian yang telah diperoleh oleh unit penyelenggara pelayanan publik,” ujarnya.

Sehingga para penyelenggara yang menerima pengghargaan menjadi “pilot project” dalam pelayanan publik di daerahnya masing-masing. “Dan juga menjadi tempat belajar bagi instansi lain dalam peningkatan kualitas pelayanan publik,” imbuhnya.

Sekda Bintan Adi Prihantara menyampaikan hal sama. Menurutnya, pemberian piagam sebagai evauasi kepada dinas yang telah dipilih Kemenpan RB sebagai “Role Model” penyelenggaraan pelayanan publik.

“Seperti ditegaskan oleh Bapak Men PAN-RB, evaluasi ini bukan ajang mencari siapa yang terbaik, namun┬ámotivasi kepada institusi pelayanan publik didaerah agar bekerja semakin baik. Serta terus bersaing memberikan layanan terbaik kepada publik,” tutupnya. (TR/MCB)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here