Tingkatkan Mutu Pendidikan, Bintan Sukses Perjuangkan Dana DAK Rp 6, 2 Milyar

Tanjungpinang

Bintan-Dunia pendidikan menjadi perhatian khusus bagi negeri ini. Tiap tahunnya, pemerintah pusat terus meningkatkan alokasi anggaran untuk prasarana dan sarana pendidikan. Dengan harapan SDM Indonesia semakin berkualitas sesuai tuntutan zaman.

Tak terkecuali dengan Pemkab Bintan, yang terus berupaya menggali anggaran untuk peningkatan mutu pendidikan di daerahnya. Sebab, pendidikan menjadi prioritas utama bagi Apri Sujadi sejak menjabat Bupati Bintan, tahun 2016 lalu.

Untuk tahun ini, selain alokasi anggaran APBD Bintan 2018, Bupati Apri Sujadi melalui Dinas Pendidikan Bintan, sukses memperjuangkan tambahan anggaran pendidikan dari pemerintah pusat.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Bintan Tamsir, dari usulan Pemkab Bintan, pemerintah pusat telah menyetujui dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 6,2 M untuk perbaikan prasarana pendidikan di Kabupaten Bintan.

“Dari usulan kita, Bintan mendapat DAK 6,2 M dari pemerintah untuk perbaikan prasarana pendidikan,” kata Tamsir di kantornya, Selasa (23/1) lalu.

Ia menjelaskan, adapun rincian usulan dana itu terkait rencana renovasi bangunan sekolah SD Negeri 03 dan SD Negeri 01 di Kecamatan Bintan Timur dengan anggaran sebesar Rp 500 juta.

“Tahun 2018 ini, kita merencanakan SD Negeri 03 menjadi SD unggulan di Kabupaten Bintan,” katanya.

Itu sebabnya, lanjut Tamair, pada tahun 2017 lalu, SD Negeri 03 juga mendapat bantuan dana untuk rahabilitasi 2 ruangan kelas dan Kantin Sehat, juga bantuan bagi program penguatan pendidikan dengan total anggaran sebesar Rp 180 juta.

Bahkan untuk APBD-P 2018 ini, akan diusulkan anggaran untuk pemasangan Paving Blok di halaman SD Negeri 03.

Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan telah menginstruksikan Dinas Pendidikan Bintan untuk mendata keperluan sekolah dalam rangka pembenahan dan revitalisasi sekolah.

“Saya sudah instruksikan untuk segera mendata keperluan bagi revitalisasi bangunan sekolah dan fasilitas pendidikan. Nanti akan dilakukan secara bertahap sesuai kebutuhan dan anggaran yang ada,” tutupnya (TR/MCB)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here