Bintan Dapat Seabrek Penghargaan, Giliran Bupati Apri Terima Piagam Tertinggi Karang Taruna

630
Tanjungpinang
Bupati Bintan Apri Sujadi (kanan) dan Menteri Sosial Idrus Marham (tengah) saat penyerahan piagam penghargaan Karang Taruna
Bupati Bintan Apri Sujadi (kanan) dan Menteri Sosial Idrus Marham (tengah) saat penyerahan piagam penghargaan Karang Taruna

Bintan-Prestasi gemilang bagi Kabupaten Bintan di awal tahun 2018. Dalam dua hari berturut-turut, seabrek penghargaan singgah ke daerah wisata terkenal di Indonesia dan manca negara itu.

Siapa pun patut bergembira, apalagi piagam bergengsi itu diberikan oleh pemerintah pusat, tak terkecuali Bupati Bintan Apri Sujadi, para pejabat dan ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bintan, serta seluruh masyarakat Kabupaten Bintan.

Mereka sudah pasti bersuka ria dan sangat bangga dengan daerahnya karena mampu menorehkan sejumlah prestasi, hingga meraih “Piagam Penghargaan” dari beberapa Kementerian.

Bagamana tidak, pada Kamis (25/1) malam, Bupati Bintan Apri Sujadi mendapat kehormatan dengan menerima penghargaan Aditya Karya Mahatva Yodha Award 2017, dari Menteri Sosial Idrus Marham. Penyerahan Penghargaan Tertinggi untuk kepala daerah dari pemerintah pusat ini dilaksanakan di Hotel Sanur Paradise, Denpasar, Bali.

Menteri Sosial Idrus Marham, dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi kepada kepala daerah yang menerima piagam penghargaan karena telah berkontribusi untuk membesarkan Karang Taruna di daerahnya.

Tiga Kepala OPD Bintan bersama Sekda Bintan Adi Prihantara saat menerima penghargaan sebagai instansi terbaik pelayanan publik
Tiga Kepala OPD Bintan bersama Sekda Bintan Adi Prihantara saat menerima penghargaan sebagai instansi terbaik pelayanan publik

Sebelumnya, Kabupaten Bintan mendapat kehormatan dari KemenPAN-RB, dengan dua piagam penghargaan atas kinerja baik dari pemerintah daerah yang dipimpin Bupati Bintan Apri Sujadi itu.

Antara lain, penghargaan yang diterima Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bintan, serta Dinas PMPST dan Disduk Capil Bintan, di Gedung Serbaguna, Kantor KemenPAN-RB, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, pada Rabu (24/1).

Ketiga instansi ini menjadi “Pilot Project” Pelayanan Publik di Kabupaten Bintan, atas prestasinya dalam pelayanan publik di Kabupaten Bintan.

Kemudian, MenPAN-RB Asman Abnur menganugerahkan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Bintan, karena mendapat Predikat B (nilai baik) atas akuntabilitas kinerjanya.

Penghargaan dalam Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) tahun 2018 itu, diterima oleh Sekda Bintan Adi Prihantara dari MenPAN-RB Asman Abnur, di Hotel Rodisin, Kota Batam, Kamis (25/1).

Menurut Menteri Sosial Idrus Marham, penganugrahan “Setya Lencana Aditya Karya Mahatva Yodha” sebagai “Penghargaan Tertinggi” yang diberikan pemerintah pusat kepada kepala daerah yang peduli terhadap perkembangan dan kemajuan Karang Taruna di daerahnya.

“Dari era orde lama ke reformasi hingga sekarang ini, Karang Taruna tetap survive dan mampu menjaga eksistensinya. Para kepala daerah yang telah membesarkan Karang Taruna melalui bimbingan dan arahannya, saya ucapkan terima kasih,” pidato Idrus dalam acara penyerahan penghargaan, Kamis (25/1) malam, di Bali.

Dalam acara Rakernas dan Bulan Bakti Karang Taruna Nasional (BBKTN) itu, turut hadir Ketua Umum Karang Taruna Nasional Didik Mukrianto, serta sejumlah pejabat Kementerian Sosial RI.

Bupati Bintan Apri Sujadi, usai menerima penghargaan, menyebutkan Karang Taruna sebagai mitra potensial dan strategis bagi pemerintah daerah dalam pembangunan kesejahteraan sosial masyarakat.

Sekda Bintan Adi Prihantara (kiri) saat menerima penghargaan akuntabilitas kinerja "Baik" dari MenPAN-RB Asman Abnur
Sekda Bintan Adi Prihantara (kiri) saat menerima penghargaan akuntabilitas kinerja “Baik” dari MenPAN-RB Asman Abnur

“Peran dan ide kreatif seluruh pengurus Karang Taruna Bintan sangat dibutuhkan. Saya juga mengharapakan kontribusi dari Karang Taruna untuk kemajuan Bintan, dalam bidang kesejahteraan sosial” kata Apri.

Senada dengan Bupati Bintan itu, Kepala Dinas Sosial Bintan Naharudin, mengatakan Pemkab Bintan selalu melibatkan Karang Taruna dalam upaya peningkatan kesejahteraan sosial di Kabupaten Bintan. Berbagai kegiatan bhakti sosial dan gotong royong juga sering dilaksanakan Karang Taruna Bintan.

“Pergerakan aktif Karang Taruna di Bintan, tentunya tidak terlepas dari pembinaan dan bimbingan Bapak Bupati Bintan, maka penghargaan ini layak diterima beliau sebagai apresiasi dalam membina Karang Taruna di Kabupaten Bintan,” ujarnya.

Tak berlebihan, Ketua Karang Taruna Bintan Arif Sumarsono memuji Bupati Bintan Apri Sujadi selaku Pembina Karang Taruna Bintan, dan menurutnya, sangat pantas menerima penghargaan sebagai Pembina Karang Taruna Terbaik Tingkat Nasional 2017.

“Atas pembinaan Pak Bupati, Karang Taruna Bintan hingga bisa berevolusi menjadi multifungsi untuk kepentingan masyarakat,” katanya. (TR/MCB)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here