Anies Baswedan Was-was Dilengserkan, Ini Sebabnya

Tanjungpinang
Anies-Sandi (ft.em)
Anies-Sandi (ft.em)

JAKARTA-Sejumlah Fraksi di DPRD DKI Jakarta, terus menggalang kekuatan untuk memuluskan hak interpelasi terhadap Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedang dan Sandiaga Uno.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Gembong Warsono, dikutip dari jpnn.com, mengungkapkan Fraksinya tengah menggalang dukungan dari fraksi-fraksi di DPRD DKI Jakarta, untuk menggunakan hak interpelasi kepada Anies-Sandi.

Gerakan ini terkait dengan sejumlah kebijakan Anies-Sandi yang dinilai bertentangan dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Senada dengan Gembong, Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI, Bestari Barus menyatakan, hak interpelasi yang sedang tahap penggalangan itu, bisa saja berlanjut ke penggunaan hak angket.

Kata Bestari, pengunaan hak itu bertujuan untuk melihat kelayakan kepemimpinan Anies-Sandi sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Sementara menurut Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia (LIMA), Ray Rangkuti, bahwa Anies-Sandi bisa dilengserkan dari jabatannya karena mengingat kekuatan politik dalam kubu Anies-Sandi di DPRD DKI Jakarta, jauh lebih sedikit dibanding kubu lawan poltiknya.

“Sangat memungkinkan kalau soal itu (dimakzulkan). Karena kan tujuh berbanding tiga. Selebihnya kan bukan pendukung Anies. Bahkan ada sekitar empat fraksi pendukung Ahok,” kata Ray kepada RMOL.co

Seperti diketahui, kekuatan politik Anies-Sandi di DPRD DKI Jakarta, hanya didukung tiga Fraksi, yakni Fraksi Gerindra, PKS, dan PAN.

Namun, Ray melihat bahwa hak interpelasi tidak langsung digunakan dalam waktu dekat ini. Sebab, ia berpendapat, sejauh ini belum ada kesalahan fatal yang dilakukan oleh Anies-Sandi. (tr/jpnn)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here