Pelatihan Operator Excavator, Bupati Bintan: Bekal Dalam Kerja

502
Tanjungpinang

Bintan-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan membuka Pelatihan Operator Excavator/Backhoe Loader bagi masyarakat Kabupaten Bintan.

Pelatihan ini dilaksanakan oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Bintan (PMPTSPTK). Hal itu dibenarkan Kepala Dinas PMPTSPTK, saat ditemui di kantornya, Rabu (31/1) pagi.

“Pelatihan ini khusus bagi masyarakat yang memiliki KTP Kabupaten Bintan, berusia 18-45 tahun, dan calon peserta dapat mendaftarkan diri ke Kantor Dinas PMPTSPTK, hingga 19 Februari 2018. Pelatihan ini gratis dan memperoleh sertifikat” ujarnya.

Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan, Pelatihan itu sebagai salah satu upaya Pemkab Bintan dalam memenuhi Sumber Daya Manusia (SDM), karena dengan mengikuti pelatihan setidaknya sudah punya keahlian khusus.

“Ketrampilan atau keahlihan khusus dari Pelatihan ini tentunya menjadi bekal dalam mendapatkan peluang diberbagai sektor lapangan kerja ” ujarnya, saat menghadiri acara Sembahyang Keselamatan Vihara Bhakti Sasana di Jl Pasar Berdikari, Kota Kijang, Selasa (30/1) malam.

Ia menjelaskan, sektor lapangan kerja menjadi pekerjaan rumah tersendiri, yang dialami seluruh daerah di wilayah Indonesia. Untuk itu, kata Apri, saat ini Pemkab Bintan tengah fokus dalam beberapa sektor pembangunan sebagai sumber penyerapan tenaga kerja bagi masyarakat.

Diantaranya, dengan pemberlakuan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Galang Batang, diharapkan dapat menyerap ribuan tenaga kerja. Namun terhadap peluang lapangan kerja, tentu harus dibarengi Sumber Daya Manusia yang mumpuni.

Terkait lapangan kerja, Bupati Apri juga telah menginstruksikan seluruh desa agar pembangunan desa dilakukan melalui swadaya masyarakat desa. Sebab, dengan keterlibatan masyarakat desa sudah membantu peyerapan tenaga kerja, karena akan mendapatkan upah dari dana pembangunan desa.

“Kita harapkan pembangunan infrastruktur desa dikelola secara swadaya yang melibatkan langsung masyarakat di pedesaan. Ini sangat membantu karena secara otomatis akan menyerap banyak tenaga kerja,” kata Bupati Apri. (TR/MCB)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here