Bupati Apri Pastikan Desa Numbing Terang Benderang di Tahun 2018

Tanjungpinang
Bupati Apri di Desa Numbing
Bupati Apri di Desa Numbing

Bintan-Bupati Bintan Apri Sujadi cukup respon mendengar keluhan warganya, di Desa Numbing, Kabupaten Bintan. Apri pun memastikan desa yang berada di wilayah pulau kecil itu, segera dialiri setrum pada tahun ini.

Sebenarnya tahun depan telah direncanakan untuk membangun jaringan listrik di desa yang selama puluhan tahun ini masih menggunakan Gendset sebagai penerangan.

Kedatangan Bupati Apri ke Desa Numbing, Kamis (1/2) kemarin, bersama para pejabatnya itu, membuat terang harapan warga Numbing, untuk mendapatkan penerangan listrik sepanjang hari dari jaringan PLN. Sebab selama ini warga hanya menikmati waktu 3 hingga 4 jam, terangnya listrik di malam hari.

Wajah murung warga Numbing selama penantian panjang setrum di desanya, seketika berubah ceriah seterang siang, saat Bupati Apri menyampaikan tahun 2018 ini akan dibangun jaringan listrik di Desa Numbing, dari perusahaan setrum pelat merah itu.

Kepastian pembangunan aliran listrik PLN di Desa Numbing, setelah Bupati Bintan Apri Sujadi menggelar pertemuan dengan pihak unit pelaksana PLN wilayah Kepri, selaku pemasok listrik negara di Provinsi Kepri.

Berawal dari surat Undangan Bupati Bintan Nomor: 005/EKON 56, tertanggal 23 Januari 2018, kemudian terbit Surat Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan Kepulauan Riau PT. PLN Nomor: 002/REN.0003/UP2K/Kepri/2018, tertanggal 18 Januari 2018, untuk Rapat Koordinasi Rencana Pembangunan PLTD dan Jaringan Listrik Perdesaan.

Rapat koordinasi di Kantor Camat Bintan Pesisir itu, juga dihadiri jajaran OPD, Perwakilan PT. Numbing Jaya dan tokoh masyarakat setempat. Akhirnya Pemerintah Daerah dan PT. PLN UP2K Kepri menghasilkan kesepakatan: pembangunan Tower dan Tiang Jaringan Listrik di Desa Numbing, tahun 2018.

Bupati Apri menyampaikan, percepatan pembangunan listrik di desa terpencil, seperti Numbing, sebagai bentuk kesungguhan Pemkab Bintan, pemerintahan yang dipimpinnya itu, dalam mewujudkan “Program Indonesia Terang” khsusunya di Kabupaten Bintan.

Bupati Apri bersilaturahmi dengan warga Numbing
Bupati Apri bersilaturahmi dengan warga Numbing

Atas dasar itu, Apri pun telah menyampaikan kesiapan pemerintahannya untuk membantu pihak PLN soal urusan administrasi dan birokrasi untuk pembangunan jarinagan listrik di Desa Numbing.

“Kita sudah sampaikan ke pihak PLN, untuk membantu urusan administrasi dan birokrasi semisal surat permohonan. Kami dari Pemkab Bintan siap membuatkannya yang penting listrik di Desa Numbing terealisasi tahun ini,” ujarnya.

Bahkan, kata Apri, masyarakat juga siap bergorong-royong membantu PLN, serta bersedia menghibahkan lahan miliknya untuk keperluan pemasangan jaringan, seperti tempat tegaknya tiang-tiang jaringan listrik.

Ia pun mengucapkan terimakasih bagi seluruh warga Desa Numbing yang turut membantu percepatan pembangunan jaringan di desa itu. “Apresiasi buat warga Desa Numbing,” ungkap Apri, yang disambut gemuruh tepuk tangan peserta rapat itu.

Tabah, Perwakilan PT. Numbing Jaya, menyatakan kesiapan pihak perusahannya untuk mendukung pembangunan listrik di Desa Numbing. Untuk itu, katanya, agar secepatnya dilakukan pendataan lokasi lahan untuk pembangunan jaringan.

“Atas nama PT. Numbing Jaya, kami mendukung penuh program ini. Sebab kehadiran listrik PLN, memberi dampak positif bagi operasional kami. Maka, secepatnya didata, mana titik-titik lahan yang bisa digunakan untuk pembangunan jaringan, untuk segera kami laporkan ke pimpinan,” imbuhnya.

Menanggapi itu, Camat Bintan Pesisir Zulkhairi menegaskan pada pekan depan, pihak kecamatan sudah merampungkan semua dokumen persetujuan masyarakat termasuk peta lahan yang diperlukan.

“Ini sesuai arahan Bapak Bupati Bintan.Jadi, pekan depan kami siapkan surat pernyatan dari masyarakat berkenaan dengan pembangunan tiang listrik serta data-data lahan untuk pembangunan tower. Hasilnya secepatnya disampaikan ke PT. Numbing Jaya,” katanya. (TR/MCB).

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here