Gerah Bus Sekolah Terbalik, Apri Perintahkan Uji Kelaikan Kenderaan

Tanjungpinang
Bupati Bintan Apri Sujadi dan Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi di Mapolres Bintan
Bupati Bintan Apri Sujadi dan Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi di Mapolres Bintan

Bintan-Sangat memprihatinkan, dua bus sekolah yang sehari digunakan sebagai tranportasi pelajar di Kabupaten Bintan, terbalik pada beberapa waktu lalu. Belum diketahui pasti apa penyebab utamanya.

Mendengar itu, Bupati Bintan Apri Sujadi mengaku gerah. Tidak ingin terulang kembali, sekaligus untuk menghindari sorotan miring yang tak berkesudahan, Apri pun memerintahkan jajarannya untuk mengecek ulang kelaikan kenderakan.

Seakan tidak puas sampai disitu, Bupati Apri bahkan melibatkan pihak kepolisian dari Satlantas Polres Bintan, untuk uji kelaikan semua bus sekolah yang beropersi di Kabupaten Bintan.

Keputusan ini diambil setelah Bupati Apri melakukan evaluasi dengan jajarannya khususnya OPD yang terkait langsung dengan persmasalahan tersebut. Seperti Dinas Pendidikan dan Dinas Perhubungan Bintan.

“Kita sudah evaluasi, dan telah memerintahkan beberapa instansi bersama Satlantas Polres Bintan untuk pengecekan bus sekolah, termasuk pihak perusahaan pengadaan bus sekolah di tahun 2018 ini,” tegas Apri, saat menghadiri agenda Kunjungan Kerja Kapolda Kepri di Polres Bintan, Jum’at (2/2) pagi.

“Semua bus sekolah harus diperiksa kelaikannya,” katanya lagi.

Kepala Dinas Pendidikan Bintan, Tamsir saat dihubungi membenarkan dalam waktu dekat ini, pihaknya bersama Dinas Perhubungan Bintan dan Satlantas Polres Bintan juga pihak organda, akan melakukan investigasi perihal kondisi bus sekolah.

Sesuai perintah Bupati Bintan, kata Tamsir, terhadap kenderaan yang tidak laik operasi akan dikandangkan, dan sanksinya pihak pengelola wajib menyediakan bus lain yang lebih laik, sebagai penggantinya.

Menurutnya, investigasi ini guna meminimalisir terjadinya peristiwa berulang: bus sekolah terguling seperti yang dialami dua bus sekolah beberapa waktu lalu. “Jika ditemukan bus sekolah yang tidak laik jalan, ya kita minta untuk segera diganti,” katanya.

Ia menjelaskan, Pemkab Bintan telah menganggarkan hampir sekitar Rp 7 Milyar bagi pengadaan 43 bus sekolah dalam program “Transportasi Bus Sekolah Gratis” guna mendukung dunia pendidikan di Kabupaten Bintan,

Sebab, kata Tamsir, sektor Pendidikan salah satu prioritas Pemkab Bintan, sejak Bupati Bintan Apri Sujadi memberlakukan program Transportasi Gratis Sekolah serta program Bantuan Perlengkapan Sekolah Gratis bagi siswa yang baru masuk sekolah di Kabupaten Bintan. (TR/MCB)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here