Panen Raya Padi, Bupati Bintan Akan Kembangkan Sektor Pertanian

Tanjungpinang

Bintan-Bupati Bintan Apri Sujadi akan mengembangkan sektor pertanian di Kabupaten Bintan, dengan pembukaan lahan baru seluas 22 hektare untuk pertanian tanaman padi.

Hal tersebut disampaikan saat panen raya padi bersama Kelompok Tani Karya Mandiri Kabupaten Bintan, di Desa Toapaya Utara, Kecamatan Toapaya, Selasa pagi (6/2). Ia didampingi Ketua TP PKK Bintan Hj Deby Apri Sujadi dan Kadis Pertanian Bintan Supriyono,

Dalam panen yang pertama itu sudah mampu memetik hasil 6,4 ton gabah dari lahan seluas 2 hektare. Sementara panen raya untuk kali kedua itu, lahan pertanian padi mencapai 17 hektare, yang menargetkan hasil sekitar 50 ton lebih, yang selesai dalam satu bulan ini.

“Ini panen raya kedua, total hasil panen dalam satu bulan ini berkisar 50 ton lebih dari lahan seluas 17 hektare. Kedepan kita kembangkan dengan membuka lahan baru seluas 22 hektare,” ujar Apri kepada kelompok petani.

Kepala Dinas Pertanian Bintan Supriyono mengatakan jenis padi yang dipanen adalah padi unggulan dengan varietas Sertani-14. “Varietas padinya unggulan, umur padi sampai panen 100 hari. Hasil panen gabah basah mencapai 5,4 ton/ha,” katanya.

Agar hasil memadai, ujar Supriyono, kelompok tani bekerjasama dengan PT. Bintan Prima Agro, dengan sistem kerja: kelompok tani mengerjakan lahan sawah dengan menerima upah, dan hasil panen akan di pasarkan langsung oleh pihak perusahaan.

Menurut Muhammad Yunan, salah seorang petani Desa Toapaya, sistim kerja dengan PT. Bintan Prima Agro cukup memuaskan dengan mendapatkan upah yang layak.

“Kami menerima upah Rp 120 ribu perharinya, dan kami sangat gembira dengan hasil panen kali ini,” ungkapnya dengan sumringah.

Memang panen raya padi kali ini menjadi kebanggan tersendiri bagi Kelompok Tani Karya Mandiri Kabupaten Bintan, dan berita menggembirakan untuk daerah Kabupaten Bintan di Bidang Ketahanan Pangan, ditengah isu kebijakan impor 500.000 ton beras oleh pemerintah pusat untuk memperkuat cadangan beras nasional.

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kepri Dr.Ir.Mizu Istianto mengatakan Kabupaten Bintan berhasil dalam pengembangan varietas padi di lahan pertaniannya. Seperti varietas Sertani-14 dan Inpari 5, dan beberapa varietas lain juga akan dimaksimalkan.

“Hasil yang cukup memuaskan, untuk varietas padi Sertani 14, Bintan mampu memetik hasil panen gabah hingga 5-6 ton dari lahan seluar 2 hektar saja,” katanya. (TR/MCB)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here