Adelina Sau, Kisah Pilu TKW yang Meninggal Akibat Disiksa Majikan

Tanjungpinang
Adelina Tewas di Malaysia diduga akibat disiksa. Ft/The Star
Adelina Tewas di Malaysia diduga akibat disiksa. Ft/The Star

Kematian Adelina Sau menambah daftar panjang TKW Indonesia yang meninggal akibat disiksa majikan di negeri jiran. Ttragis memang, kisah kematian TKW asal Desa Abi, NTT ini sungguh memilukan hati khususnya keluarga Adelina.

Gadis berusia 20 tahun ini tewas karena tidak mendapat perawatan dan disiksa majikannya.

Tahun 2013 silam, seperti dilansir Kumparan, Adelina bertolak ke Malaysia, melalui jasa calo yang semula tak dikenalnya bahkan tanpa mendapat izin dari keluarga dan orang tuanya. Di Malaysia, Adelina diperkerjakan sebagai pembantu rumah di Bukit Mertajam, Penang.

Meski demikian, setahun kemudian Adelina sempat pulang ke kampung halamannya. Hampir setahun ia berada di kampung dan tak ada niat untuk kembali bekerja di Malaysia. Namun pikirannya berubah, dan kembali ke Malaysia tahun 2015, hingga akhirnya ia dikabarkan meninggal.

“Tahun 2013 ke Malaysia, 2014 kembali ke Desa Abi dengan hanya membawa uang Rp 3 juta. Tahun 2015 baru ia kembali lagi ke Malaysia sampai meninggal. Jadi Adelina 2 kali ke Malaysia,” cerita Serda Yan Tkesnai, Babinsa Desa Abi yang mengawal kasus Adelina, Kamis (15/2).

Keluarga Adelina (Foto: Atoin Anas)
Keluarga Adelina (Foto: Atoin Anas)

Menurut orang tuanya, tidak ada perubahan terhadap Adelina dan kondisinya ketika itu baik-baik saja. Bahkan sedikitpun ia tidak pernah cerita apalagi mengeluh soal perlakuan majikannya selama di Malaysia.

Tak hanya itu, Perempuan kelahiran tahun 1998 itu juga tidak pernah memberitahu tau berapa gaji yang diterima selama bekerja pada majikannya itu. Yang diketahui Adelina hanya membawa uang Rp 3 juta ketika pertama kali pulang ke kampung halaman. “Yang datang pertama tidak apa-apa,” kata Yan.

Keluarganya dan para tetangga di kampungnya, Adelina dikenal orang pendiam. Namun ia merupakan anak yang baik dan patuh pada orang tua, serta rajin beribadah ke gereja. Kisah tragis yang memilukan menimpa dirinya setelah kembali bekerja ke Malaysia.

Sejak kematiannya itu, sudah pernah ada sesorang datang menemui keluargaanya  “Ada seorang ibu yang datang ke rumahnya, tapi ibu kandungnya tidak tahu siapa orangnya,” sebut Yan.

Kepergian Adelina yang kedua kalinnya ke Malaysia sekaligus perpisahan buat keluargaanya.untuk selama-lamannya. Adelina kini telah pergi dengan tenang menghadap Sang Khalid di surga. Hanya sebuah foto ijazah SD yang ditinggalkan Adelina sebagai kenangan bagi keluarganya. Selama jalan Adelina Sau!!! (tr/kpn)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here