Dua Tahun Apri-Dalmasri: Genjot Pelayanan Publik di Kabupaten Bintan

Tanjungpinang

Bintan – Tak terasa waktu berlalu, kepemimpinan Apri Sujadi dan Dalmasri Syam sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bintan sudah masuk tahun kedua.

Dilantik pada 17 Februari 2016 lalu, pemerintahan Apri-Dalmasri di Kabupaten Bintan telah menorehkan banyak prestasi ditengah tugas berat yang terus menumpuk seiring perkembangan zaman.

Dari awal memimpin Bintan, Apri dan Dalmasri langsung berlari menyisir sekujur daerah dalam wilayah Kabupaten Bintan untuk menancapkan sejumlah program prioritas.

Apri-Dalmasri lalu menggeber program unggulannya itu, diantaranya merampingkan prosedur perizinan, meloloskan program pendidikan dan kesehatan gratis, pembenahan infrastruktur, pemerataan penerangan listrik hingga desa-desa terpencil, dan berkejar menekan laju kemiskinan melalui perluasan lapangan kerja.

Menginjakkan tahun kedua dalam memimpin daerah destinasi pariwisata mancanegara itu, Apri dan Dalmasri tak luput mengoreksi pencapaian berbagai sektor pembangunan di daerahnya, sebagai tolak ukur keberhasilan kinerja dari pemerintahannya.

Meski baru dua tahun, namun Apri dan Dalmasri melihat banyak kemajuan yang sudah dirasakan masyarakat. Terutama di sektor-sektor pelayanan publik seperti pelayanan kesehatan dan perizinan usaha.

Sebagai bentuk apresiasi dalam pelayanan kesehatan masyarakat, kepemimpinan Apri-Dalmasri mengganjar penghargaan kepada RSUD Kabupaten Bintan.

Penghargaan itu diterima langsung oleh dr. Benni, Direktur RSUD Bintan, dalam acara Tasyakuran Refleksi Dua Tahun Apri-Dalmasri: Menyongsong Bintan Gemilang Tahun 2025″ di Aula Kantor Bupati Bintan, Bintan Buyu, Kabupaten Bintan, pada Senin 19 Februari 2018.

Acara yang memperingati dua tahun masa jabatan Apri dan Dalmasri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bintan itu, juga dilakukan pemotongan tumpeng sebagai simbolisasi rasa syukur, yang dihadiri para kepala OPD Bintan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), instanti vertikal, pihak swasta serta tokoh masyarakat.

Bupati Bintan Apri Sujadi mengucapkan rasa terimakasihnya kepada seluruh ASN dan elemen masyarakat yang ikut andil dalam pembangunan Kabupaten Bintan. Apri menyampaikan apresiasi atas sumbangsih semua lapisan hingga program Pemerintah Daerah dapat berjalan maksimal.

“Terimakasih atas dukungan tak terhingga selama 2 tahun ini. Apapun yang telah kita capai, bukan semata-mata saya bersama Pak Dalmasri, namun semua hasil kinerja kita bersama. Bagaimanapun kami berdua tidak akan mampu memikul amanah ini dengan baik tanpa dukungan dari semua pihak”

“Sejujurnya kami baru menjalankan dan menyusun program APBD tahun 2017, yang benar-benar berdasarkan aspirasi masyarakat. Karena di tahun 2016, kami hanya menjalankan anggaran yang sudah ada,” ucap Apri dalam sambutannya.

Ia mengatakan dalam suatu kepemimpinan yang baik harus membuka diri atas segala masukan dan kritikan yang sifatnya membangun. Untuk itu, ia mengharapkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan yang sesuai posisi dan porsinya.

“Kami tidak ingin menutup diri, melainkan menginginkan hadirnya masukan dan kritikan dari masyarakat. Itu karena menyadari keterbatasan yang kami miliki, namun dengan semampu kami akan berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat Bintan dari berbagai permasalahan yang ada,” ujarnya.

Kegiatan itu juga didisi “Launching E-Goverment” untuk efisiensi tugas dalam mempermudah pelayanan masyarakat. Dengan menghadirkan beberapa aplikasi online seperti e-List dan SIMANTAN yang bisa diunduh di Play Store. Layanan ini untuk mempermudah masyarakat dalam memantau perkembangan di daerahnya.

Selain penghargaan dan kabar baik terkait peningkatan status RSUD Kabupaten Bintan, Dinas PMPTSP juga menerima mobil operasional atas kinerjannya yang memberikan kemudahan dalam prosedur perizinan.

Mobil PTSP Keliling itu diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Bintan Dalmasri kepada Kepala Dinas PMPTSP Hasfarizal Handraa. (tr/mcb)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here