Aceh Tenggara Diguncang Gempa, BMKG Minta Warga Sekitar Tetap Tenang

Tanjungpinang
Edison Kurniawan (ft bmkg.go.id)
Edison Kurniawan (ft bmkg.go.id)

Medan-BMKGA Medan melaporkan bahwa hari ini, Jumat (2/3), sekitar pukul 16:13:45 WIB, telah terjadi gempa bumi Tektonik yang menguncang wilayah Aceh Tenggara.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan Edison Kurniawan, berdasarkan analisa BMKGA gempa berkekuatan M=4.4 dengan posisi episenter pada koordinat 3.42 LU dan 97.83 BT.

“Tepatnya di darat pada jarak 1 km Timur Laut Aceh Tenggara-ACEH pada kedalaman 113 km,” Edison Kurniawan dalam rilisnya, Jumat (2/3) lewat pesan terbatas Wa, yang juga diterima Suluh Kepri.

Menurutnya, sesuai analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi juga dirasakan di Aceh Tenggara dengan intensitas gempa bumi I-II SIG-BMKG (II-III MMI). Namun sampai saat ini belum ada laporan kerusakan dari lapangan.

Sedangkan menurut hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, ujar Edison,
tampak bahwa gempa bumi itu termasuk dalam klasifikasi gempa bumi menengah yang diakibatkan oleh aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia dengan lempeng Eurasia.

Edison menghimbau agar masyarakat disekitar Aceh Tenggara tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertangjungjawab. Ia berharap agar masyarakat juga mengikuti arahan pemerintah daerah melalui BPBD serta mengikuti perkembangan informasi gempa bumi susulan dari BMKG. (tr)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here