Deby Apri Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan Rumah untuk Ketahanan Pangan

Tanjungpinang

Bintan – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bintan Ibu Hj Deby Maryanti mengajak warga Bintan untuk memanfaatkan pekarangan rumahnya, dengan cara menanami berbagai tanaman produktif yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Ajakan itu dalam bentuk “Gerakan Pemanfaatan Pekarangan untuk Ketahanan Pangan Keluarga”. Program ini cukap bagus untuk kebutuhan rumah tangga karena memenuhi tiga aspek, yakni ekonomi, sosial dan kesehatan.

Menurut Deby, melalui program ini warga bisa membudidayakan berbagai jenis tanaman di pekarangan rumahnya. Namun, katanya, sebaiknya memilih jenis tanaman yang mampu ditanam di pot vertikal atau bahkan pot gantung. Seperti jenis tanaman cabai dan sayur-sayuran serta tanaman obat-obatan.

Deby menjelaskan, komoditas cabai salah satu kebutuhan pangan yang menyumbang fluktuasi di Indonesia. Terutamanya dalam menyambut hari-hari besar keagamaan, karena masyarakat selalu dipusingkan dengan lonjakan harga cabai di pasar tradisional dan pasar modern.

“Misalnya saat menjelang bulan Ramadhan atau akhir tahun, harga cabai cenderung naik karena permintaan rumah tangga cukup tinggi,” ujarnya saat dihubungi, selasa (13/3) sore.

Ia mengatakan, selain bermanfaat bagi kebutuhan pangan dalam rumah tangga, gerakan memanfaatkan pekarangan rumah ini juga mampu menekan lonjakan harga, karena permintaan kebutuhan semisal cabai dan jenis sayur-sayuran secara otomatis berkurang.

“Dengan sendirinya sudah mengurangi beban belanja ibu rumah tangga, juga permintaan kebutuhan pangan sehingga tidak terjadi fluktuasi harga cabai dan sayur-sayuran di pasaran,” katanya.

Deby melihat, saat ini warga semakin jarang memanfatkan pekarangan rumahnya dengan menanami tanaman yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, dengan menanami tanaman bermanfaat termasuk upaya pemenuhan konsumsi pangan dilingkungan keluarga sendiri.

“Kalau warga ramai-ramai tanam cabai di lahan kosong pekarangan, biaya pengeluaran rumah tangga akan berkurang, dan harga cabai pun tidak bakalan mahal,” ujarnya. (tr/mcb)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here