Produk KUBE Bintan: Kerupuk Kriuk Masuk Pasar Luar Negeri

Tanjungpinang

Bintan – Kerja keras kaum ibu-ibu dalam Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Kabupaten Bintan, patut diacungkan jempol.

Siapa sagka, salah satu produk makanan cemilan dari hasil olahan ibu-ibu yaitu Kerupuk Kriuk sudah mampu menembus pasar luar negeri.

Hal itu diungkapkan Fauzani, pimpinan KUBE Bintan Sari, saat menerima kunjungan Ketua Dekranasda Kabupaten Bintan Hj Deby Maryanti, Selasa (21/3) sore, di Kelurahan Kota Kijang, Kecamatan Bintan Timur.

Fauzani memaparkan aneka kreasi kuliner hasil pengrajin KUBE Bintan Sari, seperti kerupuk ikan, keripik pisang serta keripik ubi.

Semua produk hasil olahan kaum ibu-ibu itu ternyata memiliki khas tersendiri, hingga sukses menembus pasar lokal dan nasional, bahkan beberapa produknya seperti kerupuk kriuk sudah merambah pasar internasional.

Fauzani menyebutkan, makanan cemilan kerupuk kriuk sudah ekspor ke berbagai negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura bahkan ke Abu Dhabi. Mendengar itu, Deby kagum dan bangga karena ibu-ibu memiliki karya yang bisa menambah pendapatan keluarga.

Dalam kesempatan itu, Deby yang datang bersama pihak Dinas Sosial Kabupaten Bintan dan Kelurahan setempat, lalu memberikan masukan untuk menambah warna kemasan produknya serta soal label kulinernya itu.

“Saya bangga melihat semangat ibu-ibu dalam membuat kerajinan kuliner, hingga mampu berpenghasilan bersih Rp 4 juta per bulannya. Hasil kerajinan dari KUBE Bintan Sari ini patut diteladani untuk pemasukan tambahan keluarga,” ujarnya.

Menurut Fauzani, KUBE Bintan Sari didirikan sejak 01 April 2010. Awalnya, ia bersama 10 anggotanya yang menghadapi masa-masa sulit hingga usahanya sempat mengalami naik turun.

Bahkan, semangat anggota KUBE sempat menurun dalam memasarkan produknya. Namun, karena ketabahan dan kegigihan ibu-ibu, usaha yan digarap dalam KUBE Bintan Sari akhirnya membuahkan hasil yang baik.

“Alhamdulilah, kami mampu melewatinya dengan baik, hingga tak terasa sudah 5 tahun berjalan, dan omzetnya pun terus naik untuk menambah penghasilan keluarga,” ungkapnya.

Menurutnya produk kerupuk kriuk dibuat dari bahan dasar ikan, dan tanpa bahan pengawet. “Kerupuk kriuk ini tanpa campuran bahan pengawet apapun,” ia berani menjamin.

Kunjungan Ketua Dekranasda Kabupaten Bintan Hj Deby Maryanti, dalam usaha meningkatkan kreatifitas masyarakat untuk membangun ekonomi keluarganya.

Selain ke KUBE Bintan Sari, Deby juga menyambangi KUBE Rempah Wangi dan KUBE Kencana di Kelurahan Sei Lekop.

“Kita datang untuk memberikan bimbingan dan masukan agar kreativitas KUBE dapat lebih meningkat,” ujarnya. (tr/mcb)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here