Daerah Berprestasi, Bintan Jadi Pilihan IPDN Sumbar Praktek Pemerintahan

Tanjungpinang

Bintan – Pemerintah Kabupaten Bintan dibawah kepemimpinan Bupati Apri Sujadi mendapat pujian dari Direktur Institut Pemerintahan Dalam Negeri Kampus Sumatera Barat (IPDN Sumbar) DR. H. Abdul Malik, MM atas prestasi yang dimiliki daerah destinasi wisata itu.

Rupanya Abdul Malik mengikuti benar perkembangan daerah itu, bahkan mencatat segudang prestasi yang diukir Pemerintahan Apri Sujadi di Kabupaten Bintan.

Ia pun sangat tertarik dengan keberhasilan Pemerintahan Kabupaten Bintan terutama sistim pemerintahannya hingga mampu menyabet penghargaan di tingkat nasional.

Penasaran, akhirnya Abdul Malik secara resmi mengundang Bupati Bintan Apri Sujadi, Senin (2/4) kemarin, untuk memberikan kuliah umum “Kepemimpinan Pemerintahan” kepada anak didiknya, di Kampus IPDN Sumbar, di Bukit Tinggi, Provinsi Sumatera Barat.

Dihadapan ratusan Praja IPDN Sumbar, Bupati Apri memaparkan bagaimana Kabupaten Bintan memanfaatkan peluang ‘emas’ yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia dan Singapura.

Dengan posisi strategis seperti itu, kata Apri, Pemerintah Kabupaten Bintan mengelolanya secara baik menjadi suatu potensi bagi Kabupaten Bintan sebagai destinasi pariwisata yang sekarang diunggulkan di Indonesia.

“Posisi strategis tersebut menjadi peluang besar sekaligus tantangan bagi kami untuk memberdayakan potensi pariwisata sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Apri kepada anak didiknya, ketika menjadi dosen di Kampus IPDN Sumbar.

Usai menyampaikan mata kuliah umum, Bupati Apri menerima Penghargaan Tata Pemerintahan dari IPDN Kampus Sumbar, yang diserahkan langsung oleh direkturnya, Abdul Malik. Bupati Bintan didampingi Sekda Adi Prihantara.

“Ini sebagai kehormatan bagi saya yang mendapat kesempatan yang sangat luar biasa untuk menyampaikan pengalaman dalam membangun Kabupaten Bintan sebagai salah satu beranda Indonesia,” ucapnya.

“Terimakasih kepada Pak Abdul Malik selaku Direktur IPDN Kamus IPDN Sumatera Barat beserta jajarannya atas kesempatan memberikan kuliah umum kepada Praja IPDN,” katanya menambahkan.

Dalam kesempatan itu, Abdul Malik mengungkapkan rencana IPDN Sumbar untuk mengirimkan anak didiknya mengikuti praktek pemerintahan dan pembekalan administrasi pemerintahan daerah.

“Kampus kami memilih Bintan sebagai lokus praktek┬ákepemimpinan pemerintahan bagi Praja IPDN karena prestasi yang dimiliki Pemerintahan Kabupaten Bintan,” ungkapnya.

Abdul Malik berencana akan memberangkatkan sebanyak 140 Praja ke Kabupaten Bintan, pada tanggal 15 April 2018, untuk ditempatkan di 4 wilayah kecamatan dan 11 desa.

“Mereka terdiri dari 100 Madya Praja dan 40 Nindya Praja, yang akan praktek kerja lapangan di Kabupaten Bintan,”

“Masa prakteknya selama 1 bulan untuk memperdalam ilmu pemerintahan serta pembekalan administrasi. Saya berharap para Praja dapat belajar secara cermat, tekun dan disiplin selama pratek” ujarnya. (tr/mcb).

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here