Gubernur Irup Pembukaan TMMD ke-101: Kebersamaan Penting Dalam Pembangunan

Tanjungpinang
Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat Irup pembukaan TMMD ke-101 di Karimun
Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat Irup pembukaan TMMD ke-101 di Karimun

Karimun – Gubernur Nurdin Basirun menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 TA Tahun 2018 di Lapangan Bola Kaki Stadion Mini, Tanjung Batu Kota, Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun, Rabu (4/4).

Dalam sambutannya, Nurdin mengatakan kebersamaan sangat penting dalam proses pembangunan di daerah, karena pembangunan merupakan tugas seluruh elemen secara bersama-sama.

Maka, kata Nurdin, seluruh elemen harus menyatukan kekuatan untuk memeratakan dan mewujudkan tujuan itu. “Salah satunya peran TMMD yang ikut andil dalam pembangunan di daerah,” ujarnya.

TMMD ke-101 ini mengambil tema “TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa.” Dengan tema ini, kata Nurdin, kebersamaan yang terjalin harus terus dipererat dan diperkuat.

Karena pembangunan tidak hanya memperkuat dibidang fisik namun juga non fisik. Sehingga pembangunan benar-benar dirasakan masyarakat.

Dalam pembangunan non fisik, ujar Nurdin, peran TMMD cukup vital dalam meluruskan kembali persepsi dan pemahaman masyarakat.

“Pemahaman yang tidak sesuai dengan ideologi bangsa apalagi yang ingin memecah belah harus diredam dengan program-program pembelajaran terkait karakter bangsa,” katanya.

Dalam TMMD ke-101 melibatkan 340 personil yang terdiri dari TNI/Polri, Mahasiswa dan elemen, yang akan dilaksanakan selama tiga puluh hari, dimulai tanggal 4 April 2018 sampai dengan 3 Mei 2018.

TMMD dipusatkan di Kelurahan Tanjung Batu Barat, Kundur, Karimun dengan mengusung beberapa program seperti semenisasi jalan sepanjang 1.700 Meter dengan lebar 3 Meter, pembangunan satu Jembatan.

Ada juga program wisata bela negaea, serta beragam penyuluhan seperti bahaya radikalisme, bahaya narkoba, hukum dan wawasan kebangsaan. Serta kegiatan olahraga dan pementasan kesenian.

“Seluruh kegiatan ini dalam rangka pengabdian seorang anggota TNI, selain menjaga pertahanan bagi masyarakat Republik Indonesia,” kata Dandim 0317/TBK Letkol Arm. Rizal Analdie dalam laporannya.

Hadir pada kesempatan tersebut Danrem 033/ Wira Pratama Brigjen TNI Gabriel Lema, Bupati Karimun Aunur Rafiq, FKPD, OPD, tokoh masyarakat setempat serta tamu undangan lainnya.

Penyelenggaraan TMMD dalam rangka membantu pemerintah daerah diatur dalam undang-undang. (tr/humpro kepri)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here