Percepat Pertumbuhan Ekonomi Kepri, Nurdin Berkejar Wujudkan KEK

Tanjungpinang
Gubernur Nurdin saat rapat bersama Menko Perekonomian di kantor Kemenko

Jakarta – Gubernur Kepri Nurdin Basirun tak ingin peluang baik dari pemerintah pusat dalam percepatan pertumbuhan ekonomi Kepri seperti Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang sudah diperjuangkan bersusah payah lepas begitu saja tanpa bermanfaat bagi daerah dan masyarakat Kepri

“Saya dan Pak Menko Perkonomian bersama Wali Kota Batam dan Kepala BP Batam semakin kompak dalam mempercepat perwujutan KEK di Kepri. Untuk KEK Tanjung Sauh misalnya sudah menunjukkan titik terang,” kata Nurdin saat rapat tentang KEK di wilayah Kepri, di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (5/4) malam.

Dari hasil rapat, kata Nurdin, perwujudkan KEK di beberapa wilayah Kepri sudah mengerucut.
Karena semua pihak punya persepsi yang sama agar KEK segera terwujud. Uuntuk menguatkannya, juga dibahas tentang payung hukumnya.

Nurdin yakin dengan terwujudnya KEK semakin menarik minat investor untuk berinvestasi di Kepri. Karena memang didukung oleh posisi wilayahnya yang sangat strategis.

Contohnya, ujar Nurdin, posisi Tanjung Sauh yang berada di jalur pelayaran dunia dan bersilangan di segitiga Indonesia – Singapura dan Malaysia. Ini akan memberi manfaat besar bagi pertumbuhan ekonomi negeri ini.

“Posisi strategis (wilayah KEK) itu harus dimaksimalkan bagi kemakmuran rakyat,” katanya.

Menurut Nurdin, dengan banyaknya KEK di Kepri, diharapkan investasi yang masuk semakin gencar untuk memacu pergerakan ekonomi di Kepri.

“Yang terpenting ada kesepahaman untuk mempercepat perwujudan KEK,” imbuhnya.

Gubernur Nurdin mengaku senang melihat perkembangan tentang percepatan perwujutan KEK di Kepri yang terus membaik. Seperti di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Sauh, KEK Galang Batang, dan KEK Pulau Asam.

Bahkan dengan kehadiran sejumlah KEK di Kepri, pada akhir Februari lalu, beberapa proyek strategis telah mendapat restu dari Presiden Jokowi agar secepat mungkin dilaksanakan.

Diantaranya, proyek pembangunan Jembatan Batam Bintan, pengembangan Pelabuhan Batu Ampar, pengembangan dan Modernisasi Bandara Hang Nadim dan Pembangunan Batam LRT (Light Rapit Transit). (tr/humpro kepri)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here