Sudah Berdiri 32 BUMDes dari 36 Desa di Bintan, Sisanya Akan Direalisasikan Tahun 2018

Tanjungpinang

Bintan – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bintan Ronny Kartika mengatakan Pemerintahan Kabupaten Bintan menargetkan seluruh desa di Kabupaten Bintan sudah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Di Bintan ada 36 desa, kita targetkan tahun 2018 ini tiap desa harus punya BUMDes,” ujarnya, Sabtu (7/4) pagi tadi, di Bintan.

Ronny menjelaskan saat ini sudah ada 32 BUMDes¬† dari 36 desa yang ada di Kabupaten Bintan. “Jadi tinggal 4 desa yang belum mendirikan BUMDes. Saya yakin tahun ini akan terealisasi,” ujarnya.

Menurut Ronny, bila BUMDes dikelola dengan manajemen baik dan profesional tentunya akan menjadi daya ungkit perputaran ekonomi di desa yang dapat menyumbang pendapatan asli daerah (PADes) itu sendiri.

Dari PADes ini, tambah Ronny, para Kades sudah bisa membuat program-program bagi masyarakat di desa-nya. Misalnya, bantuan beasiswa kepada anak-anak yang ingin melanjutkan sekolah, bisa juga untuk tambahan insentif RT/RW dan program lainnya.

“Pemerintah daerah akan terus mendorong perangkat desa agar bisa mandiri untuk memakmurkan desa masing-masing, seperti pendirian BUMDes,” katanya.

Bupati Apri Sujadi juga menyakini di tahun 2018 setiap desa di wilayah pemerintahannya sudah berdiri BUMDes.

“Ya, kita targetkan di tahun 2018, semua desa sudah punya BUMDes,” ujarnya di Kantor Bupati, Bandar Seri Bentan. Karena dari data sudah berdiri 32 BUMDes, yang belum tinggal 4 desa.

Pendirian Badan Usaha Milik Desa yang disingkat BUMDesa ini merupakan amanat dari Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. (tr/mcb)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here