Begini Cara Apri Tingkatkan Kualitas Hidup Para Lansia di Bintan

Tanjungpinang

Bintan – Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan golongan lanjut usia (Lansia) termasuk prioritas Pemerintah Kabupaten Bintan. Ia ingin kesehatan dan kualitas hidup mereka diperhatikan.

Ada sejumlah program yang sudah digagas untuk memperhatikan kehidupan para Lansia, yaitu Komisi Daerah (Komda) Lansia dan Posbindu Mobile.

Namun agar program ini berjalan efektif, Apri minta Dinas Kesehatan Bintan untuk mengaktifkan seluruh Posyandu Lansia. Karena Posyandu sebagai ujung tombak dari semua program Lansia.

“Posyandu yang harus memberdayakan para Lansia agar mandiri dalam meningkatkan kualitas hidupnya,” ujarnya saat berkunjung ke Posyandu Lansia Nusa Indah, di Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur, Rabu (18/4).

Dalam kesempatan itu, Bupati Apri yang didampingi Ketua TP PKK Bintan Hj Deby Maryanti juga melihat langsung bagaimana pelayanan terhadap 135 Lansia dan 119 Pra Lansia di Posyandu tersebut.

Maka, sambung Apri, perlu data valid Posyandu untuk mengetahui berapa yang aktif dan tidak aktif. Untuk tugas itu, telah diserahkan kepada Dinas Kesehatan Bintan.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Bintan dr. Gama Isnaini, ada 156 Posyandu di Kabupaten Bintan. Namun, pihaknya masih akan memverifikasi data itu.

Verifikasi dilakukan karena beberapa Posyandu sudah tidak aktif lagi, kemudian soal posisi beberapa Posyandu yang sangat berdekatan sehingga kurang efektif. “Jadi kita akan verifikasi kembali,” ujarnya.

Apri mengatakan pendataan itu sangat penting untuk mendukung rencana pemerintah daerah dalam pemberian jaminan kesehatan para Lansia dan perbaikan insentif bagi petugas Posyandu. Tujuannya agar program untuk Lansia berjalan maksimal.

“Namun kita tunggu saja hasil kerja Dinas Kesehatan Bintan termasuk soal insentif petugas Posyandu,” ujarnya.

Apri pun nengingatkan agar semua program harus dijalankan dengan baik karena para Lansia memiliki kebutuhan yang berbeda. Dia yakin dengan aktifnya Posyandu akan memberikan jaminan terhadap kualitas hidup para Lansia. (tr/mcb)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here