Soal Kerjasama Media, Tanjungpinang Jadi Referensi Kebumen

Tanjungpinang

Tanjungpinang – Pj. Walikota Tanjungpinang Raja Ariza mengatakan Pemerintah Kota Tanjungpinang telah menjalin kerjasama yang baik dengan para media.

Wartawan, menurut Ariza, adalah teman terdekat pemerintah daerah dalam menyampaikan informasi kegiatan pembangunan kepada masyarakat.

“Media adalah mitra yang baik bagi kami untuk menyampaikan informasi terkait aktivitas dan kebijakan pemerintah kepada masyarakat,” ujar Ariza saat menerima Plt. Bupati Kebumen Yazid Mahfudz di ruang rapat Lantai 3 Kantor Walikota Tanjungpinang, Rabu (25/4).

Yazid Mahfudz bersama rombongan dalam rangka kunjungan kerja ke Tanjungpinang. Yazid yang ditemani sejumlah pejabatnya dan para awak media (cetak dan elektronik) ingin belajar sistem kerjasama media agar menunjang pembangunan daerah.

Kepada Yazid, Ariza juga mempromosikan pariwisata Kota Tanjungpinang. Ia mengatakan pariwisata Tanjungpinang cukup membanggakan dan salah satu penyumbang wisatawan terbanyak di Kepri.

“Banyak destinasi wisata di Kota Tanjungpinang. Dari wisata belanja dan wisata kuliner di Akau Potong Lembu, hingga wisata religi. Yang paling monumental yaitu Pulau Penyengat sebagai objek wisata sejarah” kata Raja Ariza.

Kasubag Humas Pemko Tanjungpinang Elvi Arianti nenambahkan sistem kerjasama antara media dengan Pemko Tanjungpinang yang dalam hal ini Bagian Humas dan Protokol dituangkan dalam ‘surat perjanjian kerjasama.’

“Namun harus disesuaikan dengan kemampuan anggaran, dan media juga harus memenuhi persyaratan tertentu,” paparnya.

Selain itu, lanjut Evi, antara Pemko dan media selalu menjalin silaturahmi, misalnya, melalui kegiatan dialog Ramadhan Pemko, coffee morning, acara ulang tahun media, pernikahan, khitanan dan beberapa kegiatannya lainnya.

“Ada juga pertandingan persahabatan futsal setiap minggu antara humas dengan wartawan yang sudah berlangsung sejak 2017 lalu,” Elvi menjelaskan.

Mendengar penjelasan itu, Plt. Bupati Kebumen Yazid Mahfudz mengaku bangga dengan Kota Tanjungpinang dengan sistem kerjasamanya yang sangat akrab dan penuh kekeluargaan.

Apalagi pariwisata Tanjungpinang cukup maju dan punya keunggulan yang menjadi daya tarik tersendiri. “Hal ini yang mendorong kami untuk berkunjung ke Tanjungpinang. Kami ingin banyak menggali ilmu disini dab untuk kami terapkan di Kebumen,” ungkapnya.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kebumen Sukamto senada dengan Bupati Yazid Mahfudz. Sukamto juga memuji sistem kerjasama media di Kota Tanjungpinang.

“Saya apresiasi berbagai aktifitas dalam menjalin kerjasama media. Kami ingin menerapkan sistem seperti yang dilakukan Humas Pemko Tanjungpinang,” kata Sukamto.

Diakhir pertemuan dilakukan saling tukar cenderamata, Raja Ariza memakaikan tanjak dan kain songket kepada Yazid Mahfudz, sebaliknya Raja Ariza merima plakat dari Yazid Mahfudz.

Dalam pertemuan itu, dari Pemko Tanjungpinang turut hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Bappelitbang, Diskominfo serta Bagian Humas dan Protokol.

Sedangkan rombongan Pemkab Kebumen hadir Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Kabag Humas dan Protokol serta awak media yang menjadi mitra Kabupaten Kebumen. (tr)

Sumber Humpro Setdako Tanjungpinang

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here