Kapal Pesiar “Genting Dream Cruise” Buka Rute Wisata ke Lagoi, Bawa 12 Ribu Wisman Perbulan

Tanjungpinang
Bupati Bintan Apri Sujadi saat pertemuan dengan management Dream Cruise di Bintan Expo
Bupati Bintan Apri Sujadi saat pertemuan dengan management Dream Cruise di Bintan Expo

Bintan – Bupati Bintan Apri Sujadi tak henti mencari peluang untuk mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke kawasan wisata di Kabupaten Bintan.

Kini Apri tengah menggarap kerjasama dengan Management Genting Cruise untuk mendatangkan puluhan ribu Wisman ke daerahnya. Ia ingin kapal pesiarnya, Genting Dream Cruise membuka rute perjalanan wisata baru ke Lagoi, kawasan wisata Internasional yang dimiliki Kabupaten Bintan.

“Koordinasi terus kita lakukan, dengan harapan kapal Genting Dream Cruise membuka perjalanan wisata dari Singapura ke kawasan wisata Lagoi,” kata Bupati Apri menjelaskan pertemuannya dengan management Dream Cruise, di Bintan Expo, beberapa waktu lalu.

Apri mengatakan, dari beberapa pertemuan yang dilakukan dengan pihak Genting Cruise bersama Bintan Resort hampir dipastikan Genting Dream Cruise akan berlabuh ke Lagoi. Targetnya, tiap bulannya sekitar 12 ribu wisatawan asing berkunjung ke Kabupaten Bintan

“Konsepnya, kapal singgah 4 kali
dalam 1 bulan, dengan rata-rata mendatangkan 3.000 s/d 4.000 wisatawan asing setiap kunjungan,” ujarnya.

Nantinya, kata Apri, wisatawan akan ditawarkan untuk berplesir di beberapa kawasan pariwisata di Kabupaten Bintan. Tapi, tidak saja menampilkan keindahan alam Bintan, namun juga akan melibatkan peran masyarakat.

Kapal pesiar Genting Dream Cruise
Kapal pesiar Genting Dream Cruise

Menurutnya, keterlibatan masyarakat dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat Bintan. Maka, Pemerintah Kabupaten Bintan akan menggerakkan sektor seni budaya melayu dan usaha kecil menengah (UMKM).

“Misalnya pertunjukan silat, permainan layang-layang dan perahu Jong, hingga kerajinan masyarakat. Kita sediakan juga wisata kuliner yang menyajikan makanan tradisional khas Bintan. Semua ini menjadi daya tarik dan sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat,’ ia menjelaskan.

Direksi Management Genting Dream Cruise Mr. Yan mengatakan, dari hasil pertemuan mulai Juni 2018 ini
Genting Dream Cruise akan menyinggahi Lagoi. Kapal dijadwalkan tiba pukul 08.00 Wib pagi, yang sandar di pelabuhan Bintan Resort.

“Wisatawan akan memiliki waktu yang indah di Bintan, saya sudah menikmati makanan khas Bintan seperti gonggong, kue lapis dan otak-otak. Saya yakin wisatawan akan sangat senang berkunjung ke Bintan” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Bintan Luki Zaiman Prawira membenarkan adanya paket wisata Genting Dream Cruise ke Bintan, yang telah dibahas Bupati Bintan dengan pihak Genting Cruise di Bintan Expo, beberapa waktu lalu.

“Ini hal yang baik bagi perkembangan dunia pariwisata Kabupaten Bintan. Kedepan, jumlah wisatawan akan semakin meningkat, tentunya PAD Bintan juga akan meningkat,” ujarnya

Kapal Genting Dream Cruise memiliki panjang 335,33 meter (1.100 kaki 2 inci), lebar 39,7 meter (130 kaki), ukuran 150.695 GT, dengan kecepatan tertinggi lebih dari 23 knot.

Selain melayari Negara Singapura dan Malaysia, rencananya mulai awal Juni 2018, kapal pesiar dengan daya tampung penumpang dari 3.000 hingga 4.000 orang ini akan membuka rute pelayaran wisata ke Pulau Bintan yang sandar di pelabuhan Bintan Resorts, Lagoi, Bintan.

Kapal Genting Dream Cruise juga melayani rute perjalanan wisata ke Thailand, Vietnam, Hongkong dan beberapa kawasan wisata di Indonesia, seperti Bali. (tr/mcb)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here