Pakai Topeng Awang, Bupati Apri Jadi Penari Makyong di Pawai Taruf MTQ Kepri

Tanjungpinang

Bintan – Penampilan Bupati Bintan Apri Sujadi di Pawai Ta’ruf MTQ Ke VII Tingkat Provinsi Kepulauan Riau yang dipusatkan di Kabupaten Lingga, menjadi magnet diantara peserta dari perwakilan kabupaten/kota.

Saat memimpin barisan Kabupaten Bintan, Apri yang menggunakan “topeng awang” berlenggak-lenggok bak penari tradisional melayu: Makyong. Ribuan pasang mata berusaha ingin lebih dekat melihat penampilannya itu.

Gaya khas Apri ini disambut tepuk tangan riuh dari panggung kehormatan, tak terkecuali Sekdaprov Kepri Arief Fadilah yang terpaksa berdiri memberi support dan pujian kepada sang bupati.

Turut dalam rombongan, Sekda Bintan Adi Prihantara, Ketua TP PKK Bintan, Ketua DWP Bintan. Rombongan Kabupaten Bintan memang benar-benar mengundang perhatian.

Ditemui seusai pawai, Apri mengaku penampilannya itu muncul secara spontanitas di lapangan. Ia termotivasi tampil saat melihat semangat peserta pawai yang menggelora.

“Awalnya kami hanya menyaksikan, tapi akhirnya saya tertarik untuk ikut, dengan menampilkan salah satu kesenian tradisional kita” ujarnya.

“Lalu, saya ajak Pak Sekda dan yang lainnya untuk ikut bersama. Tak perlu sungkan, karena selain persembahan juga termasuk pelestarian kesenian daerah. Walau pun konsepnya sedikit modern, tapi ini tetap berkiblat pada kesenian Makyong,” ia menambahkan.

Bupati Bintan juga berduet dengan tarian “three in one” yang merupakan tarian individu dengan diikuti dua boneka menyerupai manusia yang diikat menjadi satu bagian.

Tampak menarik karena tiap gerak langkah sang penari juga diikuti serentak dengan gerak langkah boneka tersebut.(tr/mcb)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here