Apri Mencatat Sejarah Seorang Bupati Menjadi Penari Mak Yong

Tanjungpinang

Bintan – Bupati Bintan Apri Sujadi menjadi pusat perhatian saat gelaran Pawai Ta’aruf MTQ Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2018 di Dabo Singkep, Kab Lingga

Apri yang membawakan rombongan Kafilah Kabupaten Bintan menampilkan sebuah kesenian tradisional Melayu: Opera Mak Yong. Dengan memakai topeng, ia berjoget dan menari dengan melenggak lenggokkan tubuhnya layaknya pementasan dalam sebuah upacara adat.

Tak heran, Sekdaprov Arif Fadillah dibuat kagum hingga berdiri melambai dan bertepuk tangan dari panggung kehormatan. Warga yang menyaksikan berusaha di barisan depan, agar bisa lebih dekat melihat penampilan tradisi kesenian Melayu tempo dulu itu.

“Mungkin sebuah sejarah, seorang Bupati menari Mak Yong. Ini sebagai ajang promosi dunia pariwisata kita,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan Luki Zaiman Prawira, Rabu (9/5).

Tampak semakin menarik, ketika diikuti Sekda Adi Prihantara dan Ketua TP PKK Hj. Deby Maryanti yang juga lincah mengikuti gerak sang Bupati saat memainkan tarian Mak Yong.

“Mak Yong merupakan salah satu warisan kesenian tradisional Melayu yang terus dilestarikan di Kabupaten Bintan. Kita tampilkan sebagai salah satu iconic sendratari Kabupaten Bintan,” ujar Bupati Apri usai pawai.

Mungkin saat itu tidak banyak yang tau bahwa pelakon Mak Yong adalah Bupati Bintan Apri Sujadi.

Makyong adalah salah satu kesenian pertunjukan tradisional yang berasal dari Pulau Bintan, tepatnya di pulau Mantang, Kec Mantang, Kabupaten Bintan. Makyong dari Bintan mempunyai ciri khas dimana para pelakon indentik dengan pemakaian topeng saat pementasan.

“Topeng Mak Yong memang menjadi keunikan tersendiri di Bintan. Kita sangat menjunjung tinggi nilai budaya,” ujarnya.

Dalam pementasan itu juga mengikutsertakan para Kepala OPD dan Camat beserta istri yang turut menarikan tarian melayu. “Kemeriahan itu adalah milik kita semua masyarakat Kepulauan Riau,” tutupnya. (tr/mcb)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here