Peringatan Hari Lahir Pancasila: Bintan Raih Pastika Parama 2018 dan Luncurkan Aplikasi Pajak Online

Tanjungpinang
Penghargaan Pastika Parama 2018
Penghargaan Pastika Parama 2018

Bintan – Pada peringatan Hari Lahir Pancasila, yang jatuh pada 1 Juni, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan mencatat dua prestasi penting. Yaitu, meraih penghargaan Pastika Parama 2018 dari Kementerian Kesehatan, serta peluncuran Sistem Informasi Pelayanan Pajak Online atau disingkat SI-Nanjak.

Pastika Parama merupakan penghargaan dari Kementerian Kesehatan untuk pemerintah daerah yang dinilai sukses dalam pembangunan kesehatan.

Penghargaan diserahkan Sekjen Kemenkes dr. Untung Suseno Sutardjo kepada Kepala Dinas Kesehatan dr. Gama Isnaini mewakili Bupati Bintan Apri Sujadi, di Ruang Aula Siwabessy, Kementerian Kesehatan RI, Jln. HR. Rasuna Said Blok X5 Kav. 4-9 Jakarta Selatan, Kamis (31/5) pagi.

Gama Isnaini menjelaskan Pastika Parama salah satu kategori tertinggi dari Kementerian Kesehatan kepada daerah terkait komitmen penerapan regulasi dan implementasi kawasan tanpa rokok dibeberapa lokasi fasilitas umum masyarakat.

“Memang Pemerintah Kabupaten Bintan sangat peduli dengan kesehatan masyarakat, melalui Peraturan Daerah beberapa lokasi seperti kawasan perkantoran dan fasilitas umum masyarakat kita himbau untuk bebas asap rokok,” ujarnya usai upacara Hari Lahir Pancasila, di Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan , Jum’at (1/6).

Sedangkan terkait peluncuran SI-Nanjak, menurut Sekda Bintan Adi Prihantara, sebagai upaya mempermudah calon wajib pajak atau masyarakat dalam mendaftarkan objek pajaknya.

Maka, Bupati dan Wakil Bupati Bintan memerintahkan Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah untuk membangun sistem pelayanan pajak online.

“Pemkab Bintan berkomitmen membangun sistem pelayanan untuk memudahkan masyarakat di segala bidang. Kita bangun aplikasi berbasis on line untuk memudahkan pelayanan wajib pajak PBB, BPHTB dan juga pelayanan pendaftaran pajak reklame,” ujarnya, di tempat yang sama.

Peluncuran sistim pelayanan pajak online
Peluncuran sistim pelayanan pajak online

Penghargaan Pastika Parama Tahun 2018, sebut Gama Isnaini, hanya diberikan kepada 11 daerah di Indonesia, termasuk Kabupaten Bintan yang tercatat untuk pertama kalinya meraih Pastika Parama.

Sejumlah daerah penerima Pastika Parama 2018, antara lain Kabupaten Bintan, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Lampung Barat, Kota Probolinggo, Kota Lubuk Linggau, Pemerintah Provinsi Bali serta Pemerintah Provinsi Lampung.

“Penghargaan ini sebuah pengakuan dari pemerintah yaitu Kementerian Kesehatan terkait langkah-langkah pemerintah daerah dalam menyukseskan pembangunan di bidang kesehatan,” ujarnya.

Terpisah, Bupati Apri Sujadi menuturkan bahwa regulasi terkait kawasan bebas asap rokok merupakan komitmen pemerintah daerah Bintan yang sangat peduli dalam bidang kesehatan masyarakat dan lingkungan sekitar.

“Beberapa lokasi fasilitas umum masyarakat bahkan perkantoran pemerintahan kita himbau untuk bebas asap rokok dengan menyiapkan ruangan khusus untuk areal merokok,” katanya.

Untuk pelayanan pajak online, Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Bintan Yuzed menjelaskan, para wajib pajak termasuk notaris cukup mengunjugi laman website www.bpprd.bintankab.go.id, dengan mengisi berkas formulir yang sudah tersedia secara digital.

Selanjutnya, akan ada konfirmasi sehingga wajib pajak/notaris hanya datang untuk tanda validasi fisik yang hanya membutuhkan waktu 10 (sepuluh) menit pelayanan.

“Selama ini sistem PBB P2, BPHTB dan Pajak Reklame belum secaraonline. Nah, sekarang kita on line kan, jadi pengguna bisa mendaftarkan pajaknya secara on line lalu membayar di bank terdekat,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga sedang mengintegrasikan sistem ini ke pihak bank agar wajib pajak dalam pembayaran pajak tidak lagi mengunjungi bank namun cukup melalui aplikasi online. (tr/mcb)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here