6 Daerah Ini Sukses dengan Program Seragam Gratis, Bintan Pelopor di Kepri

Tanjungpinang

Bintan- Program seragam sekolah gratis benar-benar menyentuh kebutuhan dasar masyarakat dalam upaya pembangunan SDM agar menjadi geresai berkualitas dalam menghadapi kemajuan zaman, yang serba menggunakan teknologi canggih.

Saat ini ada 6 daerah kabupaten/kota di Indonesia yang sukses menerapkan program seragam sekolah gratis. Kabupaten Bintan tercatat sebagai pelopor seragam sekolah gratis di Provinsi Kepri.

Program tersebut digulirkan oleh pasangan Apri Sujadi dan Dalmasri Syam di masa kampanye sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Bintan. Diawal kepimpinannya di Bintan, duet tangguh yang memakai nama ASRI ini langsung menerapkan program unggulan itu.

Bupati Apri dan Wakil Bupati Dalmasri dalam programnya menggratiskan seluruh perlengkapan dan seragam sekolah siswa SD dan SMP yang menjadi tanggungjawab bagi pemerintah daerah ditingkat kabupaten/kota. Dari dasi, kaos kaki, sepatu, tas sekolah hingga seragam sekolah.

Apri menilai programnya itu sangat membantu masyarakat dalam meringankan beban pembiayaan sekolah anak-anaknya.

“Dengan program seragam sekolah gratis ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam pembangunan manusia yang berkualitas di masa depan,” ucap Slamet Riady (40), orang tua Suci Ramadani, siswa SMPN 1 Bintan Timur, mengungkapkan rasa bangganya terhadap program unggulan Apri – Dalmasri.

Dengan adanya program tersebut, Slamet mengaku sangat terbantu karena biaya belanja seragam sekolah putri-nya itu bisa dialihkan untuk kebutuhan lain bagi keluarganya.

“Terlepas dari pilihan ketika pemilihan kepala daerah, sebagai warga sudah sewajarnya kita berterima kasih bagi kepemimpinan Pak Apri dan Pak Dalmasri di Kabupaten Bintan,” ujarnya.

Kebijakan Pemerintah Kabupaten Bintan ini merupakan suatu bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan. Bisa dibilang program ini wujud keberpihakan pemerintah kepada rakyatnya yang benar-benar membutuhkan, khususnya warga dengan kondisi ekonomi yang kurang beruntung.

Diakui atau tidak, disukai atau tidak, faktanya kebijakan seragam sekolah gratis di Kabupaten Bintan, sangat manjur meringankan beban masyarakat.

Untuk diketahui, Pemkab Bintan telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 5 Milyar di APBD Bintan, guna pembiayaan seragam sekolah gratis bagi siswa baru SD/SMP dan sederajat.

Dinas Pendidikan Bintan yang akan menyerahkan bantuan perlengkapan dan seragam sekolah gratis kepada siswa SD/SMP, yang diantaranya 5 stel seragam sekolah, sepatu, tas, dasi, kaos kaki, hingga topi.

Ia memastikan semua siswa sudah menerima segala kebutuhan perlengkapan sekolah yang dimaksud pada Oktober 2018 nanti.

“Oktober 2018 ini diserahkan, bantuannya masih sama seperti tahun sebelumnya. Kita berharap semoga bermanfaat bagi nasyarakat” ujar Kadisdik Bintan Tamsir, saat dihubungi Minggu (26/8) pagi.

Inilah 6 daerah di Indonesia yang sukses menerapkan program seragam sekolah gratis bagi siswa SDN/SMPN, antara lain:

1. Pemkab Tulung Agung, Provinsi Jawa Timur dengan alokasi anggaran Rp 32 Milyar.
2. Pemkab Bintan, Provinsi Kepri dengan alokasi anggaran Rp 5 Milyar.
3. Pemkab Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu dengan anggaran Rp 3,5 Milyar.
4. Pemkot Mojokerto, Provinsi Jawa Timur dengan alokasi Rp 2,3 Milyar.
5. Pemkab Kotawaringin Barat, Provinsi Kalteng dengan nilai Rp 2 Milyar.
6. Pemkab Muna Barat, Provinsi Sulteng dengan anggaran Rp 1,6 Milyar. (tr/mcb)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here