Pemkab Bintan dan Ditjen PDN Gelar Klinik Bisnis Pelaku Usaha

Tanjungpinang

Bintan – Pemkab Bintan menggelar pelatihan Klinik Bisnis Pelaku Usaha. Pesertanya lebih dari 150 UMKM. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, di Spa Villa Resort Bintan, Kamis (4/10).

Dalam sambutannya, Dalmasri berharap pelatihan ini dapat mengembangkan kreatifitas dan daya saing produk UMKM daerah. “Kreatifitas kita tidak kalah, hanya harus terus diasah. Hadir banyak narasumber berbagai bidang di sini, ambil ilmunya dan terapkan, khususnya pemasaran produk,” ujarnya Wabub Dalmasri.

Pelaksana kegiatan adalah Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten yang bekerjasama dengan Ditjen Perdagangan Dalam Negeri (PDN), Direktorat Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri (P3DN).

Dalmasri menambahkan pemerintah dalam hal ini bertindak sebagai fasilitator dan motivator pengembangan usaha. Namun itu semua tidak cukup jika tidak diimbangi dengan kemauan dan tekad yang kuat dari pelaku usaha itu sendiri.

“Pemerintah memberi jalan, mengadakan pelatihan, kita buka peluang dan pasar baru, kita dorong untuk terus berinovasi, namun itu semua harus diimbangi dengan tekad yang kuat dari pelaku usahanya” tambahnya.

Sementara itu, Ditjen PDN Luther Palimbong dalam sambutannya menjelaskan bahwa saat ini lebih dari 61 Juta UMKM yang ada di Indonesia. Tidak bisa dipungkiri bahwa dari UMKM ini juga memegang kendali pergerakan ekonomi di Indonesia.

“Walau dalam nominal yang kecil, tapi UMKM juga punya peranan dalam mengembangkan perekonomian bangsa. Jangan minder dengan bentuk kreatifitas usaha kita. Justru dari bawah kita mulai itu semua” pungkasnya.

Nantinya seluruh peserta kegiatan ini akan mendapatkan berbagai materi pengembangan usaha dari narasumber yang berasal dari Kementerian Perdagangan dan Perindustrian RI. Ke depannya, Pemkab Bintan juga tengah mempersiapkan upaya tambahan bagi UMKM yang ada.

November mendatang akan dilakukan Lounching dan Pameran Floot di Area Gedung Ex MTQ Bintan. Di sana juga akan ada ruang pemasaran bagi UMKM untuk mempromosikan produknya. Dengan memanfaatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang mencapai angka lebih dari 6.000 orang ke Museum Bahari yang berada di area tersebut.

Wagub Dalmasri optimis produk pelaku usaha UMKM Bintan akan semakin mempunyai tempat di pasar internasional nantinya. (tr/mcb)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here