Tuntaskan Sengketa Lahan di Pengudang, Bupati Bintan Disambut bak Pahlawan

Tanjungpinang

Bintan – Bupati Bintan Apri Sujadi disambut bak Pahlawan di Desa Pengudang saat penandatanganan pembebasan lahan warga. Kepala Desa Pengudang Kamali mengungkapkan Bupati Bintan Apri Sujadi telah memancangkan tonggak sejarah baru di Desa Pengujang

Bupati Apri berhasil memperjuangkan lahan warga seluas 100 hektare yang selama hampir 10 tahun dikuasai PT. Buana Megawisatama (BMW). Kamali membenarkan permasalahan lahan antara warga dan PT BMW sudah hampir 10 tahun ini.

Menurutnya, dari tahun 2009 lalu, beberapa kepala daerah di Kabupaten Bintan sudah mencoba menyelesaikan namun tak ada titik terang. Selama itu warga terus berdoa agar pemimpinnya dapat berhasil menyekesaikan sengketa lahan tersebut. Dan hari ini, ujar Kamali,” Doa warga akhirnya terkabul dengan keberhasilan Pak Bupati Apri Sujadi menyelesaiakan permaslahan lahan seluas 100 ha tersebut.”

“Kami dan warga sangat berterimakasih kepada Pak Bupati Bintan yang gigih memperjuangkan hak-hak warganya yang sekaligus menjadi tonggak sejarah di Desa Pengudang,” katanya usai penyerahan lahan.

MoU Hibah Lahan tertuang dalam surat bernomor 037/BMW-LGL/IX/2018, teranggal 10 September 2018, yang ditandatangani oleh Bupati Bintan Apri Sujadi atas nama Pemerintah Kabupaten Bintan dan Gianto Gunara selaku Direktur PT BMW.

Usai penandatangan MoU hibah tanah, Bupati Bintan Apri Sujadi mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT karena kerja kerasnya dalam pembebasan lahan warga Desa Pengudang dapat diselesaikan dengan baik.

Ke depan, kata Apri, Pemkab Bintan akan melakukan pembangunan infrastruktur di Desa Pengudang. Selama ini, tutur Bupati Apri, pemerintah daerah maupun pemerintah desa sangat kesulitan melakukan pembangunan di Desa Pengudang karena status lahan masih dikuasai PT BMW.

“Namun hari ini kita boleh bergembira karena status lahan sudah resmi dimiliki masyarakat” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kabupaten Bintan Ronny Kartika mengatakan pemerintah desa akan mulai bergerak dalam pembangunan sarana prasarana yang diperlukan bagi masyarakat. Beberapa bantuan Program Desa akan bisa dijalankan dan dimanfaatkan karena status lahan sudah beralih menjadi milik warga.

“Dengan status lahan yang sudah dimiliki masyarakat, maka akan ada banyak program pemerintah desa yang bisa dijalankan, misalnya untuk pembangunan rumah akan kita coba berkoordinasi ke Dinas Sosial Kabupaten Bintan melalui prigram pembangunan RTLH di Desa Pengudang,” kata Ronny.

Dalam penyerahan lahan warga, juga disaksikan Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, Sekda Adi Prihantara, Ketua TP PKK Deby Maryanti, anggota DPRD Bintan M.Yatir, serta jajaran Direksi PT BMW, para Kepala OPD Kabupaten Bintan dan tokoh masyarakat setempat. (tr/mcb)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here