Cara Apri dan Dalmasri Membangun Kualitas SDM Masyarakat Kabupaten Bintan

Tanjungpinang
Bupati dan Wakil Bupati Bintan Apri Sujadi dan Dalmasri Syam
Bupati dan Wakil Bupati Bintan Apri Sujadi dan Dalmasri Syam

Pendidikan dan Kesehatan merupakan indikator dalam mengukur tingkat kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Bupati Bintan Apri Sujadi bersama Wakil Bupati (Wabub) Bintan Dalmasri Syam menyadari betul akan pentingnya pendidikan dan kesehatan bagi masyarakatnya.

Itu sebabnya, kedua putra terbaik Kabupaten Bintan itu menjadikan Pendidikan dan Kesehatan sebagai program prioritas di pemerintahannya. Tidak saja membenahi infrastruktur namun terus melakukan inovasi-inovasi di kedua sektor itu, serta mengajak kepedulian masyarakat akan begitu pentingnya pendidikan dan kesehatan bagi kehidupan.

“Pendidikan dan kesehatan harus ditanamkan sejak dini. Sehingga masyarakat khususnya generasi kita tumbuh sehat dan berkualitas di masa mendatang,” Bupati Apri menyampaikan harapannya dari kedua sektor andalannya itu.

Sederet inovasi yang digulirkan pemerintahan Apri dan Dalmasri di daerah destinasi wisata internasional itu, ternyata membuahkan hasil yang melebihi harapan masyarakat.

Di dunia pendidikan misalnya, Pemerintah Kabupaten Bintan menggulirkan program “Seragam Sekolah Gratis” bagi siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Program ini menggratiskan semua peralatan sekolah dan baju seragam sekolah bagi siswa-siswi baru di sekolah SD dan SMP.

“Orang tua siswa tinggal mendaftarkan anaknya di sekolah-sekolah pilihannya, semua peralatan sekolah hingga seragam sekolah diberikan secara cuma-cuma oleh pemerintah daerah,” kata Apri.

Program ini disambut gembira oleh para orang tua siswa/i karena mereka tidak lagi merogoh kocek untuk membeli kebutuhan sekolah anaknya, dari seragam sekolah, tas, sepatu hingga topi dan dasi siswa.

Untuk sektor kesehatan, Bupati Apri dan Wabup Dalmasri mencanangkan program berobat gratis dengan memberikan kemudahan-kemudahan seperti berobat gratis yang cukup menunjukkan identitas KTP.

Program berobat gratis dengan kemudahan menggunakan KTP ini benar-benar bermanfaat dan sangat dirasakan masyarakat luas, karena mampu menjangkau seluruh warga masyarakat Kabupaten Bintan, dari kota hingga ke polosok-pelosok desa di daerah pesisir.

Agar benar-benar merata dirasakan masyarakat, Bupati Apri bahkan telah menginstruksikan semua Puskesmas di wilayah pemerintahannya untuk melayani seluruh warga yang berobat dengan menggunakan KTP Kabupaten Bintan.

Perhatian Apri dan Dalmasri terhadap Pendidikan dan Kesehatan bagi masyarakatnya menjadi prestasi gemilang yang membawa nama harum Kabupaten Bintan di tanah air. Pemerintah pusat bahkan menyematkan penghargaan bagi pemerintahan Apri dan Dalmasri atas keberhasilannya di dua sektor tersebut, yang sekaligus sebagai cermin bagi sejumlah pemerintah daerah di nusantara.

Inovasi di bidang pendidikan dan kesehatan yang diterapkan Bupati Apri dan Wabup Dalmasri di Kabupaten Bintan itu, sesuatu yang baru dan terbilang langka ditemukan di pemerintahan daerah lain di Indonesia.

Lantas apa saja terobosan-terobosan Apri Sujadi dan Dalmasri Syam dalam membangun kualitas SDM masyarakat Kabupaten Bintan. Inilah sederet inovasi pemerintahan Apri – Dalmasri di sektor Pendidikan.dan Kesehatan. (Baca: Mewujudkan Masyarakat yang Sehat dan Berkualitas Melalui Jaminan Pendidikan dan Kesehatan). (tr)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here