Gubernur Nurdin Kembali Salurkan Bantuan Kepri untuk Korban Gempa Tsunami Palu

Tanjungpinang
Gubernur Nurdin saat melepas pengiriman bantuan bagi korban gempa tsunami Palu dan Donggala
Gubernur Nurdin saat melepas pengiriman bantuan bagi korban gempa tsunami Palu dan Donggala

Gubernur Kepri Nurdin Basirun menyalurkan bantuan kepada warga Palu, Donggala dan Sigi, Sulteng, yang mengalami musibah gempa dan tsunami beberapa waktu lalu.

Pengiriman bantuan dari masyarakat Kepri itu ditandai dengan pelepasan pengiriman bantuan, di Bandar Udara Raja Haji Fisabilillah, Tanjungpinang, Ahad (21/10) siang.

Bantuan berupa barang seberat 15.882 kg itu diterbangkan melalui Pesawat Hercules TNI. Barang-barang yang dikirim antara lain beras, roti/biskuit, minyak goreng, perlangkapan mandi, perlengkapan bayi dan mie instan dan lainnya.

Sementara bantuan uang, hingga kemarin sudah terkumpul senilai Rp1,4 miliar. Sejumlah relawan dari Kepri juga ikut diberangkatkan. Dintaranya 10 orang Taruna Siaga Bencana (Tagana), Karang Taruna Kepri, FKPPI Kepri, dan BNPB Kepri.

Ini adalah pengiriman yang kedua kalinya dari Kepri. Sebelumnya pengiriman bantuan dilakukan menggunakan KRI Teluk Bontunoe dari Pelabuhan Mentigi Tanjunguban.

Menurut Nurdin, penggalangan bantuan akan tetap dilakukan hingga batas pengiriman. “Penggalangan bantuan tidak akan kita tutup sampai  pengiriman ini. Kita akan terus melakukan penggalangan bantuan, berupa apapun baik itu uang ataupun barang,” kata Nurdin sesaat sebelum melakukan pelepasan bantuan.

Nurdin memberi apresiasi yang setinggi-tingginya atas kegiatan amal yang dilakukan ini. Juga terima kasih atas kepedulian masyarakat Kepri kepada saudara sebangsa.

Sesaat setelah peristiwa gempa yang menyebabkan tsunami melanda palu, Nurdin langsung memerintahkan Sekdaprov TS Arif Fadillah untuk membentuk tim penggalangan bantuan. Nurdin juga berterima kasih kepada TNI Polri yang juga menyokong penuh kegiatan ini.

Apalagi pengiriman ini menggunakan pesawat TNI AU sehingga bisa cepat sampai lokasi. Nurdin pun mengajak masyarakat mengambil hikmah dan keberkahan dari peristiwa ini. Dengan kejadian ini, masyarakat bersatu dan bahu membahu memberikan bantuan tanpa memandang perbedaan.

Kepada tim yang ikut berangkat ke Sulteng, ia berpesan untuk pandai-pandai menempatkan diri. Berikan bantuan semaksimal mungkin, karena ke sana bukan untuk bersenag senang melainkan untuk memberikan bantuan semaksimal mungkin.

Sekda Arif, selaku Ketua Pelaksana Tim Peduli Palu mengatakan bantuan ini dikumpul melalui tiga posko. Sebelum diterbangkan, dilakukan penandatanganan serah terima bantuan dari Sekda Arif ke Danlanudal RHF yang disaksikan Nurdin.

Kemudian dilakukan penyerahan secara simbolis dari Gubernur Nurdin kepada Pilot Pesawat Hercules, Kapten Penerbang Fajar Nugraha. Nurdin dan rombongan kemudian melakukan peninjauan ke dalam pesawat. Nurdin dan rombongan bahkan ikut membantu menyusun barang-barang yang akan diterbangkan ke Sulteng.

Tampak hadir dalam pelepasan bantuan itu Danlantamal, Sekdaprov Arif, Danlanudal RHF, Bunda Tagana Kepri Hj Noor Lizah Nurdin Basirun dan sejumlah kepala OPD dan perwakilan FKPD Kepri. (tr/hms Kepri)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here