Maju Caleg dari Hanura, ACP Ingin Perjuangkan Pendidikan dan Kesehatan

Tanjungpinang
Andi Cori Patahuddin
Andi Cori Patahuddin

Tanjungpinang – Andi Cori Patahuddin turut mewarnai pesta demokrasi di Pileg 2019, setelah namanya absen selama 2 kali pesta demokrasi.

Wak Cor, ia biasa dipanggil para sahabatnya, sebelumnya meniti karir politik di partai PDI-P. Namun di Pemilu 2019, ia berlabuh di partai Hanura, yang menjadi kenderaan politiknya menuju “rumah rakyat” di DPRD Provinsi Kepri.

Maju dipencalegkan dari Dapil Tanjungpinang, Andi Cori Patahuddin alias ACP, ingin memperjuangkan pembangunan sumber daya manusia masyarakat Provinsi Kepri.

Oleh karena itu, kata Andi Cori, jika Allah SWT berkehendak melalui legitimasi rakyat di Pileg 2019, ia ingin masuk di komisi yang membidangi pembangunan manusia (SDM) atau yang terkait langsung dengan Pendidikan dan Kesehatan.

Menurutnya pendidikan dan kesehatan merupakan kebutuhan dasar masyarakat. “Jika terpilih nanti di DPRD Kepri, saya akan fokus memperjuangkan pendidikan dan kesahatan masyarakat karena kedua sektor ini merupakan kunci utama pembangunan kualitas manusia yang menjadi tolak ukur tingkat kesejahteraan masyarakat,” kata Andi Cori, dalam perbincangan dengan suluhkepri.com, Selasa (23/10).

Ia mengatakan UU telah membuka kran anggaran yang cukup besar untuk sektor Pendidikan dan Kesehatan yang tentunya bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat.

Untuk pendidikan, ujar Andi Cori, UU memberikan porsi sebesar 20 persen dari anggaran daerah (APBD), dan 10 persen dari anggaran untuk belanja kesehatan.

Nah, lanjut Andi Cori, alokasi anggaran yang cukup besar ini harus benar-benar digunakan sebaik mungkin. Artinya, program-program yang digulirkan harus menyentuh dan berdampak langsung pada peningkatan SDM.

Ia juga mengapresiasi Pemprov Kepri yang telah menerapkan pengalokasian anggaran pendidikan dan kesehatan sebagaimana amanat UU. Namun, kata Andi Cori, perlu dilakukan peningkatan dan pemerataan seperti prmberian beasiswa, peningkatan kualitas guru dan perbaikan infrastruktur.

Di bidang kesehatan, ia melihat masih perlu perhatian khususnya perbaikan gizi anak-anak balita. Andi Cori mengatakan akan mendorong pemerintah daerah agar lebih mengintensifkan para kader Posyandu di tingkat RT dan RW.

Kemudian pemerintah harus memberikan jaminan kesehatan bagi rakyatnya terutama mereka yang masuk kategori keluarga kurang mampu.

“Jika rakyat melegitimasi saya ke DPRD Kepri, saya ingin fokus memperjuangkan hak-hak masyarakat dalam memperoleh pendidikan dan kesehatan yang berkualitas,” ucapnya. (tr)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here