Stok dan Harga Kebutuhan Pokok di Tanjungpinang dan Kepri Masih Stabil

Tanjungpinang

Batam – Wakil Walikota Tanjungpinang Rahma menegaskan, stok kebutuhan pokok di Tanjungpinang masih mencukupi hingga menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru nanti. Ia juga memastikan harga barang kebutuhan pokok masih stabil.

“Untuk menjaga kestabilan harga tersebut, Pemko Tanjungpinang akan meningkatkan pengawasan,” kata Rahma disela-sela acara Rapat Koordinasi Ketersediaan Pasokan dan Stabilitas Barang Kebutuhan Pokok Menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru, di Hotel Nagoya Hill, Batam, Minggu (11/11).

Wakil Walikota Rahma didampingi Staf Ahli Samsudi yang juga merangkap Plt. Kadis Perindag Kota Tanjungpinang bersama Asisten II Irwan. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Menteri Perdagangan RI Enggartiarso Lukita yang dihadiri bupati/walikota seluruh Indonesi. Hadir juga Gubernur Kepri Nurdin Basirun.

Menteri Lukita mengatakan trend kenaikan harga biasanya terjadi di setiap akhir tahun karena permintaan kebutuhan barang akan meningkat. Namun begitu, ia menjamin harga barang kebutuhan pokok tetap stabil menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru nanti, karena stok barang di Bulog masih mencukupi.

Ia mengatakan jika nanti terjadi kelangkaan barang yang diikuti kenaikan harga, Bulog akan segera melakukan operasi pasar dengan HET (harga eceran tertinggi) yang telah ditetapkan. Selain itu, Satgas Pangan juga akan bekerja di lapangan untuk menstabilkan harga barang-barang.

Dalam kesempatan itu, Gubenur Kepri Nurdin Basirun Nurdin meminta kepada menteri agar ada kebijakan khusus untuk pasokan barang untuk wilayah Provinsi Kepri. Hal tersebut mengingat Kepri bukanlah daerah penghasil kebutuhan pokok, apalagi wilayah Kepri merupakan daerah kepulauan.

Menurut Gubernur Nurdin, sebagai daerah kepulauan di setiap akhir tahun dimana akan memasuki angin utara, tentu berpengaruh terhadap kestabilan harga terutama di wilayah Kabupaten Natuna, Anambas dan Lingga. Terkadang inflasi naik yang mengakibatkan investasi terganggu.

Terkait pasokan dan harga barang, Nurdin mengatakan secara keseluruhan harga barang masih stabil dan stok juga masih mencukupi hingga akhir tahun yaitu jelang Natal 2018 dan tahun baru nanti.

Secara khusus, Gubernur Nurdin juga mempromosikan Tanjungpinang yang memiliki objek wisata menarik yang patut dikunjungi. Ia pun mengajak yang hadir untuk berkunjung ke Tanjungpinang, Ibu Kota Provinsi Kepri itu.

Selain itu, Nurdin juga membanggakan objek wisata Lagoi yang memiliki keindahan alam dan daya tarik tersendiri yang tidak kalah dengan objek wisata di negara lain. (tr/hms pemko tanjungpinang)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here