Bintan Layak Tempat Hidup, Bupati Apri Terima Penghargaan Peduli HAM

199
Tanjungpinang

Bintan – Kerja keras Bupati Apri Sujadi dalam mewujudkan Kabupaten Bintan layak sebagai tempat hidup sebagaimana harapan masyarakat kembali berbuah manis. Kementerian Hukum dan HAM mendaulat Bintan sebagai Kabupaten Peduli HAM Tahun 2018.

Penghargaan Peduli HAM diterima langsung oleh Bupati Bintan Apri Sujadi dari Wapres Jusuf Kalla bersama sejumlah daerah di Indonesia dalam acara peringatan Hari HAM Sedunia ke 70, di Kantor Kemenkumham RI, Kuningan Jakarta, Selasa (11/12).

“Tentunya kita mengapresiasi atas raihan penghargaan tersebut,” ungkap Bupati Apri usai menerima penghargaan tersebut.

Bupati Apri mengatakan penetapan kota/kabupaten Peduli HAM tidak semata-mata didasari peniliaian terhadap penyelesaian pelanggaran HAM di daerahnya. Namun menurutnya lebih kepada keberhasilan pemerintah daerah dalam pemenuhan hak-hak warga dalam memperoleh kehidupan yang lebih baik.

Gedung sekolah setelah renovasi
pembangunan gedung sekolah

“Penilaian dalam konteks penghargaan ini adalah apa yang sudah dilakukan Pemda dalam pemenuhan kebutuhan dasar warga. Dalam artian, berbagai program pembangunan harus mampu mewujudkan daerahnya menjadi tempat hidup yang layak bagi masyakatnya,” ujar Bupati Apri.

Inovasi program-program pembangunan di bidang pendidikan dan kesehatan hingga pembenahan infrastruktur yang diluncurkan Apri Sujadi selama 3 tahun menjabat Bupati Bintan, ternyata menjadi penilaian pokok untuk mengantarkan daerahnya meraih penghargaan Peduli HAM.

Di sektor pendidikan, misalnya, ia meluncurkan program Seragam Sekolah Gratis untuk siswa/i baru SD dan SMP yang sekaligus menjadi kenanggaan masyarakatnya. “Setiap siswa baru SD/SMP mendapat 5 stel baju sekolah, sepatu, tas, dasi, topi dan kaos kaki secara gratis. Program ini sudah berjalan dari tahun 2017 lalu,” ungkap Bupati Apri.

Sedangkan di bidang keaehatan, Apri tidak saja menggratiskan pelayanan kesehatan tapi juga memberikan kemudahan kepada warga untuk mendapatkan pengobatan gratis yaitu dengan hanya menggunakan KTP wilayah Bintan.

“Kami ingin memastikan semua warga mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari program pengobatan gratis ini,” katanya.

Bupati Bintan Apri Sujadi saat meninjau pembangunan jembatan Pengujan (1)
Bupati Bintan Apri Sujadi saat meninjau pembangunan jembatan Pengujan (1)

Kemudian dalam pembangunan infrastruktur, pemerintahan Bupati Apri di Bintan telah merenovasi dan membangun sejumlah gedung sekolah dan pusat-pusat kesehatan masyarakat seperti Puskesmas dan RSUD. Selain itu, nembangun jalan dan jembatan untuk memperlancar akses transportasi dalam mendukung perekonomian warga.

Dalam bidang perempuan dan anak, Bintan juga menyiapkan program-program konseling bagi keharmonisan rumah tangga dalam upaya menekan rasio kekerasan dalam rumah tangga.

Penghargaan Peduli HAM ini, kata Apri, juga untuk mendorong Pemda dalam pemenuhan kebutuhan dasar warga. Sebagai tolak ukurnya warga tidak lagi terbebani dalam memperoleh pelayanan seperti kesehatan dan pendidikan, serta tersediaannya infrastruktur pendidikan, kesehatan, jalan dan jembatan yang berkualitas dan berkeadilan. (tr)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here