Caleg Muda nan Tampan Ini Ingin Berkarya Membangun Tanjungpinang

Tanjungpinang
M. Apryandy
M. Apryandy

Tanjungpinang – Usianya terbilang muda, berwajah tampan dan ramah. Dia biasa dipanggil Andy, yang bernama lengkap: Muhammad Apriyandy, S.ip.

Andy kini meniti karir politik di partai Gerindra. Meski berusia muda, tapi ia sudah memberanikan diri untuk menjadi calon legislatif (Caleg) DPRD Tanjungpinang di Pemilu 2019.

Pria kelahiran Tanjungpinang, pada 17 April 1987 itu, mendapat nomor urut 2 di partai besutan Prabowo Subianto itu, untuk bertarung memperebutkan kursi legislatif Tanjungpinang dari daerah pemilihan (Dapil) Tanjungpinang Timur.

Andy adalah anak orang nomor 1 di Tanjungpinang, yang merupakan anak sulung Walikota Syahrul dari tiga bersaudara. Dia termasuk wajah baru di panggung yang penuh hiruk pikuk itu. Lantas apa yang menginspirasi dirinya terjun ke politik dan menjadi caleg di Pemilu 2019?

Suluhkepri.com menemui pria berusia 32 tahun itu, di salah satu kedai kopi di bilangan kawasan Bintan Center, Tanjungpinang. “Masih banyak yang harus diperbaiki untuk kebaikan bersama. Masyarakat butuh perhatian dan ingin ada perubahan terutama dalam pemenuhan kebutuhan dasar seperti pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan,” jelas Andy, Selasa (14/1/2019).

Andy bersama komunitas emak-emak
Andy bersama komunitas emak-emak

“Saya ingin hadir ditengah keluhan itu, setidaknya bisa memberikan sumbangsih yang terbaik untuk kehidupan masyarakat dan kemajuan kota Tanjungpinang,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Andy, terjun ke politik juga karena ingin mendukung program-program Pemerintah Kota Tanjungpinang yang benar- benar berpihak kepada rakyat. Dia melihat pemerintahan Walikota Syahrul dan Wakil Walikota Rahma di Tanjungpinang mengusung segudang program yang fokus pada pembangunan manusia.

“Ini harus kita dukung bersama ke depan ini agar benar-benar terealisasi selama 5 tahun ini karena program-program tersebut sangat menyentuh kebutuhan dasar masyarakat,” ucapnya.

Seperti diketahui, kepemimpinan Syahrul – Rahma di periode 2018-2023 memiliki banyak program untuk masyarakat Tanjungpinang. Diantaranya, program seragam sekolah gratis bagi siswa SD/SMP, pemberian insentif guru PAUD, uang duka bagi warga yang meninggal dunia.

Ada juga santunan pekerja sosial seperti para Mubaligh, Guru TPQ/Agama lainnya, Penyelenggara Fardhu/Kifayah, Imam Mesjid, Penjaga Mesjid/Rumah Ibadah, Penjaga Pos Yandu hingga Penggali Kuburan.

Kemudian pembangunan rumah singgah pasien, pemberdayaan UMKM dan pembukaan lapangan kerja, subsidi iuran kesehatan, dan masih banyak lagi program-program yang membangun kualitas warga Tanjungpinang.

Sebagai kaum muda, Andy mengaku punya cara untuk merangkul anak-anak muda hingga kalangan seusianya. Yaitu dengan bergabung ke komunitas-komunitas anak muda dan aktif dalam berbagai kegiatannya. Menurutnya, kalangan muda jauh lebih terbuka dan saat ini mulai berperan aktif di dunia politik.

“Anak-anak muda itu harus disentuh hatinya, mereka akan senang dan simpatik,” katanya menjelaskan pendekatan politik dengan kalangan muda. Dia┬ájuga aktif berkomunikasi di media sosial karena anak-anak muda sangat bersahabat di dunia tersebut.

Andy dan Capres Sandiaga Uno
Andy dan Capres Sandiaga Uno

Andy menyadari bahwa pengalamannya masih kalah jauh dibanding senior-seniornya di partai Gerindra, karena memang baru aktif berpartai sejak awal 2018 lalu.

Namun hal itu bukan menjadi kendala baginya. “Yang terpenting saya punya niat baik untuk memperbaiki keadaan, berbuat untuk orang ramai, tentu melalui kerja keras serta banyak belajar, agar saya bisa mengaplikasikan ilmu pendidikan dan pengalaman yang saya miliki untuk sebuah perubahan,” ungkap pria bergelar sarjana ilmu pemerintahan (S.ip) itu.

“Jika nanti mendapat kepercayaan warga di legislatif, saya akan berusaha untuk menempatkan diri sebagai harapan baru dari kaum muda untuk semua kalangan,” katanya.

Andy menjelaskan meski baru berkecimpung di politik tapi jauh sebelumnya sudah tertarik untuk menjadi seorang politisi. Niat itu, katanya, semenjak ayahhnya, Walikota Syahrul, terjun ke politik yang menjabat Wakil-Walikota Tanjungpinang, di periode sebebelumnya.

“Selama 5 tahun terakhir ini, saya banyak belajar dengan ayah tentang politik, makanya saya semakin tertarik ke dunia politik dan saat ini ingin mengaplikasikan langsung untuk kepentingan masyarakat,” paparnya. (tr)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here