Pesan Kapolda Kepri di Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2019

362
Tanjungpinang
Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto, Sik memimpin Apel Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019
Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto, Sik memimpin Apel Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019

Batam – Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto, Sik memimpin Apel Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019, di Bantaran Sungai Bengkong Laut, Kota Batam, Kamis (21/2/2019).

Dalam amanatnya, Kapolda Irjen Andap Budhi Revianto mengajak semua elemen masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dalam kehidupan sehari-seharinya.

“Mari kita mulai dari dalam diri kita sendiri dengan (menerapkan) pola hidup bersih. (Karena) bersih adalah sebagian dari iman,” pesan Jenderal Bintang Dua itu.

Ia mengatakan kesehatan bukan segalanya, akan tetapi tanpa kesehatan segalanya tidak berarti.

Aksi bersih-bersih di Bantaran Sungai Bengkong Laut
Aksi bersih-bersih di Bantaran Sungai Bengkong Laut

Oleh karenanya, kata Kapolda Andap Budhi, sebagai aparatur harus peduli dengan kebersihan lingkungan sebagaimana diamanatkan Undang – Undang RI No 18 Tahun 2008 tentang Pengelolahan Sampah.

“Mulai saat ini mari kita satukan hati dan pikiran kita, sebagaimana tema peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019, untuk Hidup Bersih, Sehat Dan

Ia juga mengingatkan sebuah musibah longsor, di TPA Leuwigajah, Bandung, Jabar, pada 21 Februari 2005 lalu. Menurutnya peristiwa memilukan, 14 tahun silam itu, harus menjadi catatan sejarah yang tidak boleh dilupakan.

Karena, lanjut Kapolda, dalam musibah itu telah menelan banyak korban, yakni 139 jiwa meninggal dunia, namun hanya 54 mayat yang ditemukan sementara 95 orang dinyatakan hilang dalam musibah tersebut.

“Keberadaan kita di sini tidak boleh melupakan catatan sejarah tersebut. (Dan) hari ini kita akan memperingati kejadian tersebut, betapa pentingnya di dalam pengelolahan sampah,” ujar Kapolda Andap Budhi.

Diakhir sambutannya, Kapolda Andap Budhi mengucapkan Selamat Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2019. “Mari kita kelola sampah untuk hidup bersih, sehat dan bernilai,” ujarnya.

Apel Hari Peduli Sampah Nasional diikuti sekitar 2000 orangĀ  yang terdiri dari anggota Polda Kepri dan Polresta Barelang, anggota TNI (Lanal Batam), ASN Kota Batam, Dinas Kebersihan, Ormas, LSM, Pelajar/Siswa SLTA, SLTP, SD dan TK serta Masyarakat Kecamatan Bengkong.

Tampak hadir Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri, PJU Polda Kepri dan Pj. Ketua dan Pengurus Daerah Bhayangkari. Usai apel, acara dilanjutkan dengan melakukan bersih-bersih sampah di Bantaran Sungai Bengkong Laut. (tr)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here