Bupati Apri ke OPD: Jangan Ada Lagi Kegiatan Pemborosan

Tanjungpinang

Bintan – Bupati Apri Sujadi mengingatkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Bintan agar meninggalkan budaya pemborosan dalam bekerja. Salah satunya dengan tidak melaksanakan kegiatan yang bersifat copy paste (Copas).

“Karena kegiatan-kegitan copy paste itu termasuk (kegiatan) pemborosan,” tegas Bupati Apri Sujadi saat membuka┬áRapat Musawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) Tahun 2019, Kamis (13/3/2019).

Pesan itu disampaikan Bupati Apri karena ia masih menemukan adannya rutinitas kegiatan di OPD yang dicomot atau di copy paste dari kegiatan-kegiatan sebelumnya.

“Ini kami pesankan betul, agar menumbuhkan sebuah komitmen yang kuat dari kita semua khususnya ASN. (Dan) ini penegasan internal yang pada hari ini perlu kami sampaikan,” ujarnya.

Oleh karena itu, dia berharap agar semua kegiatan dan capaian kinerja OPD harus bisa menjadi cermin dari Rencana Jangka Menengah Pembangunan Daerah (RJPMD).

“(Ke depan ini) kami inginkan tidak ada lagi kegiatan-kegiatan yang sifatnya pemborosan. Tapi bagaimana capaian kinerja masing-masing OPD menjadi cerminan dari RPJMD ini sehingga dapat menjadi rujukan dan pedoman dalam melaksanakan sebuah program,” paparnya.

“Jadi jangan ada lagi kegiatan yang hanya copy paste,” katanya kembali mengingatkan terkhusus kepada seluruh Kepala OPD Bintan.

Ia menambahkan kegiatan Musrembang juga harus mampu mengaktualisasikan keinginan masyarakat. Makanya pelaksanan Musrembang harus lebih terarah dan terukur sehingga sasaran yang dicapai dapat terealisasi sesuai harapan rakyat.

“Capaian masing-masing OPD juga harus lebih terukur dengan indikator-indikator yang jelas,” katanya. (MCB/TR)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here