Apryandy Silaturahmi dengan Warga KM 15, Dititip Perjuangkan RT dan Peluang Kerja

Tanjungpinang
Apryandy Silaturahmi dengan Warga KM 15

Tanjungpinang – Calon legislatif (Caleg) DPRD Tanjungpinang Apryandy bersilaturahmi dengan warga di lahan garapan KM 15, Kel. Air Raja, Kec. Tanjungpinang Timur, Tanjungpinang, Sabtu (25/3/2019) malam.

Andi, panggilan akrabnya, disambut hangat oleh ratusan warga, yang juga dihadiri tokoh-tokoh warga setempat. Yang menariknya, pertemuan itu lebih didominasi kaum emak-emak. Mengawali silaturahminya, Andi yang juga putra Walikota Tanjungpinang Syahrul itu, memperkenalkan diri dan bersosialisasi terkait pencalonan dirinya di pemiilihan legislatif DPRD Kota Tanjungpinang, pada Pemilu 2019.

“Nama saya, Apryandy, S.IP, pada Pemilu tahun 2019 ini ikut mencalonkan diri sebagai Caleg DPRD Kota Tanjungpinang. Saya maju dari partai Gerindra dengan nomor urut 2, dan dari Dapil 2 Tanjungpinang Timur,” kata Andi memperkenalkan dirinya.

Apryandy Silaturahmi dengan Warga KM 15

Andi kemudian meminta doa restu dan dukungan dalam pencalegan di Pemilu 2019. “Mohon doa restu dan dukungan untuk pencalegan saya di Pemilu 2019, dari warga sekitar khususnya dari bapak/ibu yang hadir di tempat ini,” ucapnya.

“Kami siap memenangkan Pak Andi di pemilihan nanti (sebagai anggota DPRD Tanjungpinang),” sambut warga kompak

Selain perkenalan diri, Andi juga berkesempatan menampung keluh kesah warga yang butuh perhatian khusus untuk diperjuangkan di legislatif.

“Saya ke sini juga ingin mendengarkan langsung permasalahan-permasalahan warga untuk saya perjuangkan di legislatif jika nanti saya terpilih menjadi anggota DPRD Tanjungpinang,” ungkapnya.

Apryandy Silaturahmi dengan Warga KM 15

Dalam kesempatan dialog tersebut, warga tampak antusias menyampaikan harapan-harapannya untuk menjadi perhatian Andi, jika terpilih nanti. Kepada Andi, beberapa perwakilan warga meminta keseriusan Andi untuk memperjuangkan nasib warga yang tinggal di lahan garapan tersebut.

“Kami siap mendukung Pak Andi ke DPRD Tanjungpinang, tapi kami ingin mendengarkan dulu seperti apa keseriusan bapak untuk memperjuangkan nasib kami, nasib warga di sini, yang sangat membutuhkan perhatian khusus dari perwakilannya di DPRD Tanjungpinang,” ungkap seorang warga bernama Jepri.

Jepri lalu menyampaikan beberapa harapan warga, yang selama ini diimpikan warga setempat namun tak kunjung terwujud, yaitu terkait pembentukan Rukun Tetangga (RT) di tempat tinggal mereka.

Apryandy Silaturahmi dengan Warga KM 15

Menjawab itu, Andi menegaskan akan beridiri dibarisan depan untuk memperjuangkan pembentukan RT baru di lahan garapan KM 15. Bahkan, kata Andi, sejak awal dirinya telah menunjukkan komitmen untuk itu.

“Pembentukan RT ini merupakan aspirasi yang pertama kali saya dengar di pertemuan sebelumnya dengan warga di sini. Sebagai bentuk kesriusan saya, bahkan beberapa perwakilan warga sudah saya bawa untuk bertemu langsung dengan Pak Syahrul, Walikota Tanjungpinang,” ucapnya.

Dalam pertemuan tersebut, Walikota Tanjungpinang merespon baik keinginan warga untuk mebentuk RT baru di wilayahnya. Dari penjelasan Walikota Syahrul, ujar Andi, di tahun 2019 ini Pemerintahan Kota Tanjungpinang akan mengusulkan pemekaran Kecamatan Tanjungpiang Timur, yang nantinya berdampak pada pemekaran ditingkat kelurahan hingga RW dan RT.

“Insyallah, didalamnya termasuk usulan pembentukan RT di tempat ini, dan di 2020 nanti sudah terbentuk RT baru, RT sendiri di wilayah ini. Jadi saya berharap bapak/ibu bisa bersabar karena kita tinggal menunggu waktunya saja,” jelas Andi yang disambut gembira oleh warga.

Apryandy Silaturahmi dengan Warga KM 15

Kemudian Jepri juga mengungkapkan keresahan warga soal sulitnya mencari pekerjaan. Menimpali itu, seorang ibu rumah tangga bernama Siti langsung tunjuk tangan untuk menyampaikan harapan kaum emak-emak.

“Kami dari emak-emak juga diberikan kesempatan kerja, jadi petugas kebersihan pun nggak apa apalah yang penting halal dan bisa menambah belanja keluarga. Bolehkan bantu kami Pak Andi,” ungkap Siti yang mengaku pernah melamar sebagai petugas kebersihan namun tak pernah dipanggil-panggil.

Sambil tersenyum, Andi pun berjanji mewujudkan harapan kaum emak-emak yang disampaikan Siti. “Untuk usulan Bu Siti ini saya siap membantu kaum emak-emak. Tepuk tangan dulu buat Bu Siti, buat emak-emak,” seru Andi yang disambut tepuk tangan riuh.

Sebagai bentuk komitmennya, Andi berjanji akan mengecek di Dinas Kebersihan, apakah masih ada peluang kerja untuk petugas kebersihan. “Selepas pertemuan ini, besok atau lusa, saya coba cari informasi dulu, kalau masih ada peluang disitu (petugas kebersihan), kita akan perjuangkan. Tapi jumlahnya tak banyak, paling hanya untuk 2 atau 3 orang saja,” ujarnya.

“Untuk itu, emak-emak janji dulu ya, jangan iri kalau belum dapat kesempatan, nanti dilain waktu kan bisa juga diusahakan,” gurau Andi.

Apryandy silaturahmi dengan warga KM 15

Namun untuk peningkatan kesejahteraan keluarga, Andi lebih mendorong kaum emak-emak berwiraswasta, melalui kegiatan-kegiatan usaha kecil atau home industri.

“Bisa juga dengan membentuk kelompok usaha mikro atau koperasi yang permodalannya bisa dibantu oleh pemerintah daerah melalui instansi terkait juga bank-bank perkreditan rakyat yang khusus membantu permodalan bagi kelompok usaha kecil,” paparnya.

Dari penjelasan Andi, warga setempat akhirnya berkomitnen memberikan dukungan penuh kepada Apryandy di Pemilu 2019. Diakhir acara, Turnip yang merupakan tokoh masyarakat setempat juga menyampaikan orasinya dengan mengajak warga untuk memilih Andi di Pemilu 2019, 17 April mendatang.

“Kalau nanti saya sebut nama Apryandy, bapak/ibu jawab Menang,” seru Turnip yang dijawab kompak,” siap”.

“Apryandy….(Turnip), Menang…(seru warga). Apryandy…Menang. Apryandy….Menang,” demikian diucapkan warga berkali-berkali diakhir silaturahmi. (tr)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here