Pesan Walikota Syahrul di Deklarasi Sekolah Ramah Anak

Tanjungpinang

 

Tanjungpinang – Walikota Tanjungpinang Syahrul menjadi pembina upacara bendera di acara deklarasi Sekolah Ramah. Dia berpesan agar guru menjadikan sekolah ramah anak. Demikian anak didik bersikap disiplin dan meningkatkan prestasi belajar.

Deklarasi Sekolah Ramah Anak dilaksanakan di SDN 014 Bukit Bestari, Senin (1/4), yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang.

Hadir Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Kepala DP3APM Kota Tanjungpinang, dan Kepala SD se-Bukit Bestari serta siswa/i SDN 014 Bukit Bestari.

Dalam amanatnya, Syahrul menegaskan agar seluruh peserta didik terus mengembangkan sikap yang baik sikap disiplin dan meningkatkan prestasi belajar. “Kepada Ananda semuanya, saya harapkan untuk terus kembangkan sikap disiplin dan bersikap yang baik agar memperoleh prestasi yang terbaik,” pesanya.

 

“Kepada seluruh guru, saya harapkan untuk menjadikan sekolah ramah anak. Ini merupakan program dengan tujuan untuk diberi tunjuk ajar yang baik, jangan dimarah apabila berbuat salah, tapi dinasehati, dibimbing agar mengerti untuk memperbaiki kesalahannya”.

Syahrul mengingatkan tugas guru bukan hanya mengajar saja tapi juga untuk mendidik. Penanaman sikap dan akhlak itu sangat penting untuk tumbuh kembang anak agar menjadi pribadi yang berakhlak mulia.

“Sebagai guru memiliki tugas yaitu mengajar dan mendidik, mengajar itu mentransfer ilmu, mendidik itu mengembangkan sikap kepada peserta didik sehingga bisa diaktualisasikan dalam kehidupannya,” kata Syahrul yang juga seorang pendidik sebelum menjabat Wakil Walikota Tanjungpinang, periode 2013-2018, dan Walikota Tanjungpinang, 2018-2023.

 

Kepada peserta didik, Syahrul kembali mengingatkan agar belajar bersungguh-sungguh. “Kepada seluruh peserta didik, saya berpesan belajarlah dengan sungguh-sungguh dan tekun, tuntutlah ilmu setinggi langit, ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang bisa berguna untuk orang banyak,” pungkasnya.

Deklarasi Sekolah Ramah Anak ini salah satu upaya menjamin pemenuhan dan perlindungan hak anak. Termasuk untuk menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak dan melindungi anak dari kekerasan, diskriminasi, perlakuan lainnya.

Kemudia untuk mendukung partisipasi anak dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran dan pengawasan, serta memiliki mekanisme pengaduan terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak di sekolah.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan penandatanganan Deklarasi Sekolah Ramah oleh Walikota Syahrul, serta Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat, Kadis Pendidikan, Kadis Kesehatan, Kepsek SDN 014 Bukit Bestari, Komite sekolah, para guru, anak didik dan wali murid.

Penandatangan deklarasi dalam rangka membangun komitmen untuk mewujudkan SDN 014 Bukit Bestari sebagai sekolah yang aman, bersih dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup.(hms tpi/tr)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here