Deby Maryanti, Caleg Pendatang Baru yang Meraih Suara Terbanyak DPRD Kepri

2103
Tanjungpinang
Ketua TP PKK Kepri Hj. Noorlizah Nurdin Basirun dan Ketua TP PKK Kabupaten Bintan Hj. Deby Apri Sujadi, saat peresmian ruangan ibu menyesui bayi
Ketua TP PKK Kepri Hj. Noorlizah Nurdin Basirun dan Ketua TP PKK Kabupaten Bintan Hj. Deby Apri Sujadi, saat peresmian ruangan ibu menyusui bayi

Tanjungpinang – Nama Deby Maryanti ramai diperbincangan masyarakat khususnya kalangan politisi di Provinsi Kepri. Deby sukses mencatatkan namanya di papan atas perolehan suara Caleg DPRD Kepri, di Pemilu 2019, pada 17 April lalu.

Padahal Deby baru kali ini terjun ke pentas politik alias pendatang baru yang menjadi Caleg DPRD Kepri yang bersaing di Dapil Kepri 2 (Bintan – Lingga). Namun Deby sangat piawai merebut hati rakyat hingga perolehan suaranya melejit yang sekaligus memecahkan rekor suara terbanyak Caleg DPRD Kepri di Pileg 2019.

Seperti diberitakan sebelumnya, berdasarkan hasil rapat rekapitulasi suara ditingkat kabutaten oleh KPU Bintan dan Lingga, Deby yang menjadi Caleg Partai Demokrat itu meraih 28.857 suara dan sebagai peraih suara terbanyak di Dapil Kepri 2.

Ternyata perolehan suara Deby ini kokoh menempati nomor wahid Caleg DRPR Kepri, untuk masa jabatan 2019-2024, yang diketahui dari hasil rekaputulasi perhitungan suara tingkat provinsi yang dilakukan KPU Kepri.

Hasil rekap di tingkat provinsi Kepri, Deby memperoleh 28.857, dimana angka tersebut sama dengan rekap suara di Dapil Kepri 2 oleh KPU Kabupaten Bintan dan KPU Kabupaten Lingga.

Ketua Dekranasda Kabupaten Bintan Ibu Hj Deby Apri Sujadi dan Evi Sumarni
Hj Deby Apri Sujadi dalam kegiatan pemberdayaan umkm di Bintan

Diuratan kedua diraih Dewi Kumalasari, caleg petahana Golkar yang juga bersaing di Dapil Kepri 2 dengan raihan 27.705 suara. Kemudian diurutan ketiga terdapat nama Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak yang merupakan Caleg PDIP dari Dapil Kepri V. Jumaga meraih 19.836 suara.

Siapa Deby Maryanti, yang langsung menggetarkan panggung politik Kepri di Pileg 2019? Deby selama ini dikenal sebagai istri Bupati Kabupaten Bintan Apri Sujadi. Kesibukannya sehari-hari diketahui fokus pada pemberdayaan kaum emak-emak di Tim Penggerak PKK Bintan, dalam rangka membantu sang suami sebagai bupati di daerah destinasi wisata bertaraf internasional itu.

Namun Deby dinilai berhasil melakukan perubahan dalam tubuh PKK Bintan malalui berbagai program pemberdayaan kaum emak-emak. Dia yang gencar melakukan terobosan baru di PKK Bintan juga telah memberikan harapan baru bagi kaum perempuan dalam peningkatan kesejahteraan keluarga.

Nah, kepemimpinan Deby yang bersinar sebagai Ketua TP PKK Bintan ini telah membuat namanya kian populer mengikuti jejak sang suami yang sukses menyingkirkan pesaingnya di Pilkada Bintan 2015, dalam perebutan kursi nomor satu di Kabupaten Bintan itu.

Terbukti Deby yang baru kali ini terjun ke dunia politik mampu bersaing diantara caleg petahana dan politisi senior dalam perebutan kursi DPRD Kepri, yang sekaligus mencatatkan namanya sebagai peraih suara terbanyak Caleg DPRD Kepri di Pemilu 2019. (tr)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here