Demokrat Berkuasa di Bintan, Modal Bupati Apri untuk Memimpin 2 Periode

Tanjungpinang
Bupati Bintan Apri Sujadi saat kunjungan kerja di Kecamatan Tambelan.
Bupati Bintan Apri Sujadi saat kunjungan kerja di Kecamatan Tambelan.

Bintan – Palu pimpinan DPRD Bintan akan berpindah ke tangan perwakilan partai Demokrat pada periode 2019 – 2024. Di Pileg 2019, partai besutan SBY itu memimpin perolehan suara di Kabupaten Bintan.

Dari hasil rekapitulasi perhitungan perolehan suara, Demokrat berada dipapan atas dengan raihan 8 kursi, disusul Golkar 6 kursi, dan diurutan ketiga partai Nasdem 4 kursi. Kemudian PKS 3 kursi, PDIP 2 kursi, PAN 1 dan Hanura 1. Total 25 kursi perwakilan rakyat DPRD Bintan.

Kemenangan Demokrat di daerah destinasi wisata internasional itu sekaligus menjadi modal besar bagi Bupati Apri Sujadi untuk kembali memimpin Kabupaten Bintan, periode 5 tahun kedepan.

Kabupaten Bintan yang saat ini dipimpin Bupati Apri Sujadi dan Wakil Bupati Dalmasri Syam, satu diantara dearah di Provnsi Kepri yang akan menyelenggarakan pemilihan bupati dan wakil bupati di perhelatan Pilkada serentak tahun 2020.

Bupati Apri saat menerima penyelenggaraan pemerintahan daerah (LPPD) tingkat nasional
Bupati Apri saat menerima penyelenggaraan pemerintahan daerah (LPPD) tingkat nasional

Bupati Apri tercatat baru pertama kali memimpin Kabupaten Bintan. Apri dan Dalmasri pemenang Pilkada Bintan tahun 2015. Sebelum menjabat Bupati Bintan, Apri adalah anggota DPRD Kepri.

Sebagai petahana, Apri bisa dipastikan akan kembali maju bertarung di Pilbup Bintan 2020. Namun politik itu bukan hitungan matematika karena hasil akhirnya sulit disimpulkan. Politik sifatnya mencair dan dalam hitungan detik bisa berubah.

Tak menutup kemungkinan Apri naik panggung ke Pilgub Kepri yang juga di gelar dalam waktu bersamaan. Sebab dia punya partai Demokrat sebagai kenderaan politik ke perhelatan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri. Apri Sujadi adalah Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Kepri.

Sebagai catatan, Demokrat sukses memenagkan Pilgub Kepri 2015, yang berkoalisi dengan Gerindra, Nasdem, PPP dan PKB. Saat itu, Demokrat dan koalisinya mengusung pasangan HM. Sani – Nurdin Basirun.

Bupati Bintan Apri Sujadi (kanan) dan Sekda Bintan Adi Prihantara
Bupati Bintan Apri Sujadi (kanan) dan Sekda Bintan Adi Prihantara

Kembali ke soal Pilbup Bintan 2020, dengan perolehan suara Demokrat yang menjadi pemenang Pemilu 2019 di Kabupaten Bintan sebagai bukti nyata betapa besarnya dukungan rakyat Bintan kepada partai berlambang Mercy itu.

Tentu saja kemenangan Demokrat ini menjadi cermin bagi calon-calon penantang Apri di Pilbup Bintan 2020, dan perlu berpikir ulang dengan pertimbangan matang untuk maju bertarung melawan petahana dengan kekuatan yang mengakar hingga ke pelosok-pelosok di wilayah Bintan.

Apri Sujadi merupakan putra terbaik Kabupaten Bintan. Dia salah satu politisi muda di Kepri yang memiliki karir cemerlang di panggung politik. Tak semua dan tak banyak politisi bisa sukses seperti yang diraih Apri saat ini.

Sejak terjun ke dunia politik yang penuh hiruk pikuk itu, karir Apri terus melejit. Ketum Demokrat SBY, yang kala itu menjabat Presiden RI bahkan tak khawatir memberikan kepercayaan kepada Apri untuk memimpin Demokrat, meski usianya tergolong muda untuk kapasitas sebagai Ketua DPD Demokrat Provinsi Kepri.

Pilihan SBY benar terhadap Apri dengan bukti ia mampu membesarkan Demokrat di wilayah Kepri. Di Pikada Bintan 2015, Apri kemudian mengukir sejarah baru yang mendapat mandat dari rakyat untuk menjadi Bupati Bintan, periode 2016 – 2021.

Nah, apakah karir politik Apri Sujadi akan terus bersinar di Pilbup Bintan 2020 nanti. Waktu lah yang akan menjawabnya. (tr)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here