Polda Kepri Kirim 31 Penyelam untuk Pecahkan Rekor Dunia Selam di Menado

Tanjungpinang

Kepri – Kepolisian Daerah (Polda) Kepri mengirim kontingen untuk mensukseskan pemecahan rekor dunia selam di Menado. Ada 31 orang penyelam yang diberangkatkan, terdapat 22 personel Polri dan 9 Bhayangkari.

Kontingen selam ini dilepas Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah, di VVIP Bandara Hang Nadim, Batam, Kamis tanggal 1 Agustus 2019, pukul 07.30 Wib.

Sambutan Kapolda Kepri yang disampaikan Wakapolda Yan Fitri mengatakan kegiatan pemecahan rekor dunia selam (Guinness World Records) diprakarsai Ketua Wanita Selam Indonesia (WASI) Tri Suswati. Dalam kegiatan tersebut, istri Kapolri Jenderal Tito Karnavian itu ingin menorehkan sejarah baru bagi Indonesia dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-74.

Ada 3 target rekor dunia yang akan dipecahkan di Menado, pertama rekor penyelaman massal terbanyak, kedua rekor rantai manusia terpanjang dalam air dan ketiga rekor pembentangan bendera merah putih terlebar didunia. Kegitan dilaksanakan pada 3 Agustus 2019, dipantai Manado, Sulawesi Utara.

Yan Fitri menambahkan kegiatan pemecahan rekor dunia selam juga bertujuan untuk mempromosikan pariwisata kelautan Indonesia, termasuk menjaga kelestarian alam dan olahraga selam. ”

“Untuk mendukung kesuksesan kegiatan pemecahan rekor dunia selam, Polda Kepri mengirimkan sebanyak 31 Penyelam terdiri dari 22 Personel Polri dan 9 Bhayangkari,” sebut jenderal bintang satu itu.

Kepada seluruh penyelam, Yan Fitri mengingatkan agar kembali berlatih kemampuan menyelam, namun tetap menjaga kesehatan dan keselamatan sehingga terhindar dari diving accident.

“Selalu berdoa kepada Allah SWT Tuhan yang maha kuasa, sehingga kegiatan yang dilakukan selalu mendapat Ridho dan perlindungan dari Allah SWT,” pesan Wakapolda Yan Fitri.

Dalam pemberangkatan Kontingen Selam Polda Kepri, turut dihadiri Irwasda dan PJU Polda Kepri, Kapolresta Barelang, PJ. Ketua Bhayangkari Daerah Kepri, juga pengurus kontingen selam Polda Kepri bersama keluarga penyelam, personel Polda Kepri dan Siswa/Siswi TK Kemala Bhayangkari.

WASI Pecahkan Satu Rekor Dunia Selam

Hari ini, Kamis 1 Agustus 2019, Oganisasi Wanita Selam Indonesia (WASI) yang diketuai oleh Ny. Tri Suswati Tito Karnavian berhasil memecahkan satu rekor dunia selam: Rekor Rangkaian Penyelam Terpanjang di Bawah Air yang berjumlah 675 penyelam pria dan wanita.

Dibawah kepemimpinan istri Kapolri Jenderal Tito Karnavian ini, WASI mampu menyingkirkan rekor sebelumnya yang dicatat Amerika Serikat pada tahun 2018, yang saat itu diikuti 386 penyelam.

Rekor yang ditoreh WASI ini sekaligus mencatatkan nama Indonesia di pentas dunia melalui pemecahan rekor rangkaian penyelam terpanjang dunia. Apalagi sejarah baru untuk Indonesia di dunia ditorehkan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-74, pada 17 Agustus 2019 ini.

Sertifikat Guinness World Records untuk pemecahan rekor dunia selam dengan penyelam sebanyak 675 orang, diterima langsung Ketua WASI Tri Suswati, di Manado, Kamis 1 Agustus 2019. Selamat Bu Tri, semoga karya sukses WASI dapat diikuti organisasi olahraga lainnya. (tr)

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here